>
Headlines News :
Home » , » KPU Sulteng Sudah Ajukan Pembentukan KPU Morut

KPU Sulteng Sudah Ajukan Pembentukan KPU Morut

Written By Unknown on Senin, 13 Oktober 2014 | 23.10.00

Jakarta, Jurnalsulteng.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah (Sulteng) telah mengajukan usul pembentukan KPU Morowali Utara (Morut) ke KPU RI terkait rencana penyelenggaraan pilkada perdana di daerah otonom baru tersebut.

"KPU RI tinggal menunggu persetujuan Kemenpan dan Kementerian Keuangan," kata Ketua KPU Sulawesi Tengah Sahran Raden di Jakarta, Senin (13/10/2014).

Dia mengatakan semua syarat administrasi pembentukan KPU Morowali Utara sudah terpenuhi seperti rekomendasi KPU Morowali selaku kabupaten induk, rekomendasi Bupati Morowali, rekomendasi penjabat Bupati Morowali Utara, Kapolres dan Kejaksaan Negeri kabupaten induk.

Menurut Sahran, usulan pembentukan KPU Morowali Utara lebih lambat dibanding usulan pembentukan KPU Banggai Laut.

Dia mengatakan pembentukan KPU Banggai Laut sudah mendapat persetujuan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Kementerian Keuangan.

"Kami tinggal menunggu persiapan pembentukan sekretariatnya," katanya.

Sahran mengatakan meskipun usulan pembentukkan KPU Morowali Utara sedang dalam proses, namun ia memperkirakan rekrutmen calon anggota KPU di dua daerah otonom, Morowali Utara dan Banggai Laut akan dilakukan serentak pada 2015.

(Baca Juga: Tujuh Daerah di Sulteng Pilkada Serentak 2015 )

Rekrutmen anggota KPU tersebut akan dilakukan oleh KPU provinsi setelah infrastruktur organisasi kesekretariatan terbentuk.

Morowali Utara merupakan daerah hasil pemekaran Kabupaten Morowali dan Banggai Laut hasil pemekaran Kabupaten Banggai Kepulauan.

Penjabat Bupati Morowali Utara Haris Renggah, SE yang dihubungi terpisah mengaku bahwa usul pembentukkan sekretariat KPU Morowali Utara sudah diajukan ke KPU Pusat dan proses selanjutkan akan bergulir di KPU Pusat dan kementerian terkait lainnya.

"Salah satu tugas pokok saya sebagai penjabat bupati adalah membentuk organisasi perangkat daerah, termasuk Sekretariat KPU ini. Soal kapan sekretariat KPU terbentuk, itu terserah KPU pusat," ujarnya.[Ant]

Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger