>
Headlines News :
Home » , » Pengusaha Respons Positif Jokowi Capres, IHSG Terbang Tinggi

Pengusaha Respons Positif Jokowi Capres, IHSG Terbang Tinggi

Written By Unknown on Sabtu, 15 Maret 2014 | 12.30.00

Ilustrasi
Jakarta, Jurnalsulteng.com - Kalangan pengusaha menilai langkah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengusung Joko Widodo alias Jokowi sebagai calon presiden dalam Pemilihan Umum 2014 sudah tepat. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan keputusan partai berlambang banteng moncong putih itu merupakan jawaban atas harapan masyarakat yang menginginkan perubahan. 

"Kami melihat ini sangat positif. Rakyat ingin perubahan dan ini ditanggapi dengan baik oleh PDI Perjuangan," kata Sofjan seperti dilansir Tempo.co Jumat, (14/3/2014).

Sofjan mengatakan pengusaha akan mendukung pencapresan tersebut, terutama jika Jokowi bisa menawarkan agenda perubahan, seperti perbaikan infrastruktur dan pembenahan sektor ekonomi, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. "Jokowi harus mempunyai calon wakil presiden yang mempunyai pengalaman dan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Hari ini, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri secara resmi telah merestui Jokowi sebagai calon presiden. Megawati menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia agar memilih Jokowi dalam pemlihan presiden.

IHSG Terbang Tinggi

Keputusan resmi PDI Perjuangan mencalonkan Joko Widodo sebagai presiden membawa sentimen positif bagi indeks harga saham gabungan (IHSG). Indeks di Bursa Efek Indonesia hingga pukul 15.30 WIB sore ini naik tinggi hingga menembus kisaran level 4.800. Padahal sedari pagi indeks bergerak melemah di kisaran 4.680-4.720 seiring dengan koreksi tajam yang melanda bursa Asia.

Analis dari PT Mega Capital Indonesia, Helen Vincentia, mengatakan Jokowi effect sedang melanda bursa saham. "Pasar langsung berbalik arah ketika Jokowi akhirnya secara resmi dicalonkan oleh PDI Perjuangan siang tadi," ujarnya, Jumat, (14/3/2014).

Munculnya Jokowi memang sudah ditunggu sejak lama oleh pelaku pasar. Sebelumnya, pasar telah menunggu kepastian jadi-tidaknya Jokowi maju sebagai capres dan cenderung bersikap wait and see.

Menurut Helen, kenaikan tajam IHSG menunjukkan bahwa ekspektasi pasar cukup besar terhadap Jokowi. "Dari sekian figur capres yang muncul, tidak ada yang menimbulkan euforia begitu besar seperti Jokowi."

Meski demikian, pelaku pasar disarankan untuk tetap waspada dan tidak terlarut dalam euforia yang berlebihan. Sentimen yang disebabkan oleh faktor politik dalam negeri biasanya hanya bersifat sesaat. Indeks bakal kembali mengikuti sentimen regional dan rilis data-data ekonomi.***


Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger