>
Headlines News :
Home » , » KTI Belum Tersentuh, Jokowi Salahkan Pemerintah Sebelumnya

KTI Belum Tersentuh, Jokowi Salahkan Pemerintah Sebelumnya

Written By Unknown on Selasa, 26 Mei 2015 | 18.54.00

Jokowi - SBY
Jakarta, Jurnalsulteng.com- Dalam gelaran Rakernas Kadin Indonesia bagian Timur di Jakarta, Senin (25/5/2015) kemarin, Presiden Joko Widodo mengemukakan terkait rencana besarnya membangun kawasan Indonesia Timur (KTI).  Menurutnya, potensi yang ada belum termanfaatkan dengan baik akibat permasalahan infrastruktur yang belum dibangun. Dimana infrastruktur yang ada seperti pelabuhan dan jalan tidak mampu menampung distribusi produksi.

Jokowi sempat mengatakan bahwa hal tersebut lantaran pemerintah atau para menteri sebelumnya tidak melakukan blusukan. "Kenapa enggak dikerjakan? Karena mungkin pemerintahnya (sebelumnya) enggak pergi ke sana dan setelah melihat, saya putuskan di lapangan, sudah dimulai. Bagian pelabuhan, jalan, irigasi. Investasi silakan masuk, tapi jangan semua. Sebesar 70% dipegang BUMN dan 30% dipegang swasta," kata Jokowi, dalam Rakernas Kadin Indonesia bagian Timur di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (25/5/2015).

Lebih lanjut Jokowi mencontohkan, salah satu kabupaten di Merauke, Kabupaten Wapeko memiliki bentang tanah datar seluas 4,6 juta hektare (ha),  namun setelah diidentifikasi, yang siap dikerjakan dan digunakan untuk tanam padi, jagung dan tebu baru 1,2 juta ha.

Padahal, kata Jokowi,  jika tanah seluas 4,6 juta ha tersebut dikerjakan seluruhnya akan menghasilkan produk pertanian yang melimpah ruah. Pasalnya, 1 ha tanah bisa menghasilkan 8 ton padi untuk sekali masa panen. Dengan demikian, total luas tanah tersebut akan dapat menghasilkan 37 juta ton sekali panen.

"Dua kali panen berarti 74 juta ton. Kalau tiga kali panen 110 juta ton. Hanya dari satu kabupaten. Padahal produksi nasional kita 60-70 juta ton," ‎imbuh dia.

Oleh sebab itu, lanjut Jokowi, perlu adanya keseriusan dalam memanfaatkan dan mengerjakan potensi tersebut, agar mendatang panen bisa berlimpah dan swasembada pangan pun tercapai.[***]

Sumber; Aktual
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger