>
Headlines News :
Home » , , » Pilkada Buol Tidak Diikuti Calon Perseorangan

Pilkada Buol Tidak Diikuti Calon Perseorangan

Written By Unknown on Sabtu, 13 Agustus 2016 | 11.39.00

Ilustrasi

Palu,  Jurnalsulteng.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum Buol, Sulawesi Tengah, Ibrahim Mangge mengatakan tidak ada calon perseorangan lolos pada tahap pencalonan untuk mengikuti pilkada serentak 2017 di Kabupaten Buol.

"Ada satu pasang calon yang mendaftar, tetapi tidak memenuhi syarat. KTP (kartu tanda penduduk) yang dilampirkan ditandatangani pasangan calon tidak cukup," kata Ibrahim dihubungi dari Palu, menanggapi tahapan pendaftaran calon kepala daerah serentak tahap 2017.

Ibrahim mengatakan sepanjang sejarah pilkada langsung di daerah itu belum ada calon yang lolos dari jalur perseorangan padahal jumlah dukungan kali ini hanya 9.640 lembar.

"Pasangan calon yang mendaftar kurang dari 1.000 dukungan," katanya yang dilansir Antara.

Dia mengatakan KPU sudah membangun komunikasi kepada bakal calon yang ingin masuk melalui jalur independen bahkan setiap saat bisa berkomunikasi melalui penghubung yang telah ditetapkan.

Menurut Ibrahim, KPU membimbing sampai soal teknis seperti memasukkan data dalam sistem informasi pencalonan.

"Kami sudah siap sampai tahap verifikasi faktual, tetapi tidak ada calon yang lolos," katanya.

Menurut dia, tidak adanya bakal calon yang lolos dalam pendaftaran tersebut menunjukkan para tim pemenang belum siap bekerja secara teknis.

Tahapan pendaftaran bakal calon perseorangan sudah berakhir sejak 10 Agustus. KPU setempat kata Ibrahim juga telah melakukan rapat pleno disaksikan Bawaslu.

Tahapan berikutnya kata Ibrahim adalah pendaftaran bakal calon melalui jalur partai politik dimulai 21 sampai 23 September 2016.

Saat ini pelaksana pilkada setempat masih melakukan tahapan pemutakhiran data pemilih. Tahapan ini telah berlangsung sejak 6 Agustus sampai dua bulan ke depan. (***)

Source; Antara
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger