>
Headlines News :
Home » , » Diduga Ada Pencairan Dana Publikasi Fiktif Sail Tomini

Diduga Ada Pencairan Dana Publikasi Fiktif Sail Tomini

Written By Unknown on Jumat, 04 Maret 2016 | 22.31.00

(Ilustrasi)

Palu, Jurnalsulteng.com- Sail Tomini 2015 di Kabupaten Parigi Moutong ternyata masih meninggalkan masalah. Salah satunya yakni ada dugaan Bagian Humas Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) telah mencairkan kontrak kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) fiktif, melalui APBD Tahun 2015.
(Baca Juga: Sail Tomini Ivent Internasional "Bau Pesing" )

Informasi yang dihimpun menyebutkan, pencairan dana publikasi fiktif tersebut mengatasnamakan media Televisi Nasional Trans TV senilai Rp150 juta.

Sumber menyebutkan,  pada tahun 2015, pada DPA (daftar penggunaan anggaran) Humas Setda Parimo menyiapkan anggaran publikasi Sail Tomini untuk dua stasiun TV (Trans TV Rp150 juta, TV One Rp100 juta) dan koran Kompas senilai Rp100 juta. Total seluruhnya mencapai Rp350 juta.

Namun penganggaran dana senilai Rp350 juta tersebut kata sumber, sifatnya hanya titipan dari Bappeda, jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk publikasi Sail Tomini secara Nasional.

Namun anggaran sebesar Rp350 juta itu tidak jadi digunakan, karena  anggaran publikasi untuk media nasional sudah  inklud dengan pembiayaan melalui Event Organizer (EO) yang menangani  Sail Tomini kurang lebih sebesar Rp800 juta.

Sumber juga menjelaskan, karena anggaran sebesar Rp350 juta itu tidak dapat digunakan sesuai nomenklatur, maka anggaran tersebut digeser ke APBD-P 2015 untuk kegiatan lain dengan nomenklatur yang berbeda.

"Ternyata dari Rp350 juta itu, sudah dicairkan Rp150 juta atas nama Trans TV itu.  Dan sekarang mereka kebingungan untuk laporan pertanggungjawabannya, termasuk untuk bukti visualnya, karena tidak mungkin menggunakan laporan EO yang menangani ivent nasional itu," jelas sumber lagi.

Sementara itu, Kabag Humas Setda Parimo Abd Manan Dg Malino yang dikonfirmasi Jurnalsultung.com,  Jumat (4/3/2016) tidak memberikan tanggapan.

Saat dihubungi melalui telepon selulernya nomor 081245168xxx tidak mengangkat telepon, meski terdengar nada masuk. Demikian juga saat dikonfirmasi melalui SMS, hingga Jumat malam tdak membalas SMS yang dikirim Jurnalsulteng.com.(***)

Penulis; Sutrisno
Editor; Agus M
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger