>
Headlines News :
Home » , » DPRD Diminta Segera Umumkan Gubernur Terpilih

DPRD Diminta Segera Umumkan Gubernur Terpilih

Written By Unknown on Rabu, 03 Februari 2016 | 02.32.00

Petahana Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola/Sudarto kembali ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih pada pemilihan kepala daerah serentak 2015 dalam rapat pleno oleh KPU provinsi. [Foto; Facebook]


Palu, Jurnalsulteng.com- Ketua Koalisi Pemenangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Anwar Ponulele, meminta DPRD segera mengumumkan hasil penetapan pasangan calon gubernur/wakil gubernur terpilih pada pilkada 2015 setelah Mahkamah Konstitusi menolak permohonan pemohon atas sengketa pilkada.

Permintaan itu dilakukan menyusul adanya penundaan pengumuman melalui rapat paripurna istimewa DPRD yang mestinya dilakukan Selasa (2/2/2016) siang, namun tiba-tiba ditunda tanpa alasan yang jelas.

"Saya menilai ini di luar kelaziman. Sebab MK (Mahkamah Konstitusi) sudah memutuskan menolak gugatan mereka. Itu artinya proses hukum terkait pilgub sudah selesai. Saya menduga ini adalah upaya menghalangi atau menghambat proses pilkada," kata Anwar Ponulele dalam keterangan persnya, Selasa (2/2/2016).

Anwar mengatakan pasangan Longki-Sudarto sudah menerima undangan pengumuman itu sehari sebelumnya (Senin 1/2/2016), lalu kemudian menerima kembali surat penundaan, Selasa (2/2/2016).

Anwar meminta KPU dan bawaslu harus mengambil sikap tegas atas masalah tersebut. Sebagai penyelenggara pilkada, kata Anwar, KPU/Bawaslu lebih tahu.

"Saya yakin pertimbangan penundaan pengumuman ini hanyalah politis bukan berdasarkan hukum atau aturan yang berlaku," katanya.

Hal yang sama dikemukakan Sekretaris Koalisi Pengusung Cagub Longki/Sudarto, Stivan Sandagang. Dia mengatakan penundaan tersebut dilakukan karena adanya pihak tertentu kepada DPRD Sulawesi Tengah.

Stivan mengatakan gugatan rival politiknya ke Bawaslu pasca penetapan MK menolak permohonan mereka tidak diatur dalam Undang-Undang Pilkada dan di luar ketentuan Pilkada.

"Kita akan melawan kebijakan sepihak yang tidak sesuai dengan undang-undang dan aturan hukum yang berlaku," katanya.

Menanggapi pernyataan tim pemenangan cagub Longki/Sudarto tersebut Sekretaris Komisi I DPRD Sulawesi Tengah Rusli Dg Palabbi mengatakan tertundanya paripurna pengumuman penetapan calon gubernur/wakil gubernur Sulawesi Tengah terpilih tidak ada unsur politisnya.

"Tadi Ketua DPRD Aminuddin Ponulele ada kunjungan kerja ke Kulawi, meninjau jalan di sana. Ini juga penting dalam pengawasan," katanya di Palu, Selasa (2/2/2016).

Dia mengatakan pengumuman penetapan calon gubernur/wakil gubernur akan dijadwakan kembali dalam waktu dekat setelah kujungan Ketua DPRD Sulawesi Tengah selesai.

"Kemungkinan Kamis (4/2/2016) atau Jumat (5/2/2016) diagendakan lagi. Karena besok Pak Aminuddin meninjau jalan di Pasir Putih (jalan poros Tolitoli-Parigi Moutong)," katanya.[***]

Sumber; Antara
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger