>
Headlines News :
Home » » Festival Danau Sentani Pecahkan Dua Rekor Baru

Festival Danau Sentani Pecahkan Dua Rekor Baru

Written By Unknown on Kamis, 19 Juni 2014 | 16.46.00


Dua Rekor Muncul di Festival Danau Sentani Lukisan Kulit kayu yang dilukis oleh dua pelukis Papua dan diikuti 100 pelukis lainnya dan sampe terbesar di Indonesia. (Foto: portalkbr)

Jayapura, Jurnalsulteng.com- Festival Danau Sentani (FDS) ke-7 tahun ini menciptakan dua rekor baru Indonesia dalam kategori budaya.

Rekor itu adalah lukisan kulit kayu sepanjang 100 meter dan sempe berdiameter 1 meter dengan tinggi 50 cm. Sempe adalah tempat membuat papeda, makanan khas dari Papua yang terbuat dari tepung sagu murni.

Senior Manager Museum Rekor Indonesia (MURI), Paulus Pangka mengatakan, dalam lukisan kulit kayu itu dibuat oleh dua orang pelukis Papua dan diikuti oleh 100-an pelukis lokal serta tamu undangan. Sementara pembuatan sempe juga dilakukan oleh dua orang  pengrajin dengan memakan waktu satu bulan. Dalam memutuskan rekor ini, pihaknya melakukan survei selama dua minggu di Sentani.

“Pembuat sempe, Naftali Felle dan Yonas Oyapo dan juga pembuat kulit kayu Agus Ongge Martha Ohee menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia,” jelas Paulus Pangka yang dikutip dari Portalkbr, Kamis (19/6/2014).

Festival Danau Sentani (FDS) adalah pagelaran seni dan budaya tahunan Pemkab Jayapura. Festifal tahun ini dibuka oleh Menkokesra, Agung Laksono dan dihadiri oleh tiga duta besar yakni India, Zimbabwe, dan Tunisia. Dalam ajang budaya sepanjang lima hari hingga tanggal 23 Juni mendatang juga diikuti budaya dan pesta kuliner dari warga setempat.***

 
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger