>
Headlines News :
Home » , , » Walikota Palu Prioritaskan Ekonomi Mikro

Walikota Palu Prioritaskan Ekonomi Mikro

Written By Unknown on Selasa, 26 Juli 2016 | 13.19.00

Walikota Palu, Drs. Hidayat,M.Si

Palu, Jurnalsulteng.com - Walikota Palu Drs Hidayat, M.Si menyatakan akan memprioritaskan pengembangan ekonomi mikro melalui pemberdayaan potensi lokal.

Menurut Hidayat, hal tersebut perlu perlu dilakukan karena ekonomi mikro merupakan penunjang ekonomi nasional.

"Urusan yang makro biar saja diurus pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Kita sebagai pemerintahan kota jangan melupakan yang mikro. Saya tidak mau ikut rebutan yang makro," kata Hidayat, pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kota Palu 2016-2021, di Hotel Santika Palu, Selasa (26/7/2016).

Walikota mengingatkan, ekonomi mikro yang meliputi home industri telah terbukti tidak goyah dengan terpaan krisis ekonomi yang pernah membuat negara terpuruk.

"Sudah terbukti, saat krisis ekonomi melanda negeri ini usaha kecil justeru tetap eksis. Sementara usaha-usaha makro malah ambruk. Maka itu saya bertekad untuk meningkatkan Industri Kecil Menengah (IKM). Jangan  karena ada yang besar lantas kita mengabaikan yang kecil," imbuh Hidayat.

Musrenbang RPJMD kali ini dihadiri Kasubdit Data dan informasi Kewilayahan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Yudianto ST, MT MPP dan Kasubdit Evaluasi Perencanaan Pembangunan Wilayah Kemendagri, Jabal Natsir SE.

Lebih lanjut Hidayat mengatakan, untuk meningkatkan kapasitas IKM di Kota Palu, akan dibentuk cluster-cluster yang terbagi sesuai dengan potensi lokal yang ada, melalui misi kelurahan inovatif, unggul dan berbasis teknologi.

Hidayat juga meminta agar kegiatan Musrenbang yang diikuti seluruh Kepala SKPD, camat, kepala kelurahaan dan para stakeholder dilingkup pemerintah Kota Palu ini bukan sekadar seremoni semata. Tetapi benar-benar bisa diimplementasikan sesuai  jargon utama yang menjadi program utama bersama dengan wakil walikota Palu Sigit Purnomo Said adalah  ‘Palu Kota Jasa Berbudaya dan Berbudaya dilandasi Iman dan Taqwa.

“Maka selaku pimpinan saya berharap Musrembang RPJMD Kota Palu tahun 2016 ini dapat benar-benar difokuskan sesuai dengan visi Palu Kota jasa berbudaya dan beradat dilandasi iman dan taqwa benar-benar direalisasikan dimasa kepemimpinan saya bersama dengan wakil walikota Palu,” katanya.

Walikota Palu berharap, pelaksanaan agenda saat ini, dimasa mendatang dapat dilakukan secara kontinue, agar setiap permasalahan yang timbul dimasyarakat, pemerintahan bisa secepatnnya dideteksi serta dicarikan solusi  penyelesainnya dengan saling berkoordinasi antara berbagai pihak.(***)

Rep/Red; Sutrisno
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger