>
Headlines News :
Home » » Hampir Semua Parpol Palak Calon Kepala Daerah

Hampir Semua Parpol Palak Calon Kepala Daerah

Written By Unknown on Rabu, 12 Agustus 2015 | 18.04.00


Sebastian Salang
Jakarta, Jurnalsulteng.com- Hampir tidak ada calon kepala daerah yang ingin menjadi gubernur, bupati atau walikota tanpa membayar mahar politik kepada partai politik.

Hal tersebut disampaikan oleh peneliti dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Sebatian Salang saat konfrensi pers di Kantor ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (12/8/2015).

"Di tingkat kabupaten kecil aja, partai bisa minimal minta Rp 3 miliar untuk dukungan. Jadi hampir semua calon kepala daerah bayar untuk partai kalau mau didukung," kata Salang.

Atas lumrahnya praktek haram mahar politik itu, calon kepala daerah pun akan tergoda untuk menyogok uang kepada para calon pemilihnya. Bak gayung bersambut, calon kepala daerah akan juga rela mengeluarkan uang agar bisa menang, baik dengan membeli suara ataupun mengamankan penyelenggara pemilu.

Menurutnya, begitu ada transaksi di awal, maka akan tergoda melakukan transaksi dengan pemilih, pasti tergoda bagaiaman cara menang, membli suara, membayar untuk mengamankan penyelanggaraan.

"Mana mungkin orang sekarang, mengharapkan dukungan partai tanpa membayar. Ini partai harus segera dibenahi dan dipelototi oleh pengawas pemilu," demikian Salang. [***]

Sumber; Rmol
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger