>
Headlines News :
Home » , » 3.000 Turis Diprediksi Ramaikan Sail Raja Ampat

3.000 Turis Diprediksi Ramaikan Sail Raja Ampat

Written By Unknown on Jumat, 28 Maret 2014 | 11.35.00


Pesona laut Raja Ampat

Jakarta, Jurnalsulteng.com - Sail Raja Ampat di Papua Barat akan digelar dengan puncak acara pada 21 Juni 2014 mendatang. 3.000 Turis dari berbagai negara diprediksi akan meramaikan Sali Raja Ampat 2014!

"Keindahan alam Raja Ampat yang masih eksotis serta panorama bawah laut yang menjadi salah satu ikon wisata menyelam dunia, diperkirakan akan menjadi daya tarik. Begitu juga dengan keanekaragaman hayati lautnya memikat sedikitnya 3.000 orang dari berbagai negara untuk hadir dalam kegiatan Sail Raja Ampat 2014," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif Cicip Sutardjo dalam rilisnya, Jumat (28/3/2014) yang dilansir detikTravel.

Puncak acara Sail Raja Ampat 2014 akan dilaksanakan tanggal 21 Juni 2014 di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC). Tema yang diangkat kali ini adalah 'Membangun Bahari, Menuju Raja Ampat ke Pentas Wisata Dunia'.

Menurut Sharif, yang juga Ketua Panitia Pelaksana Tingkat Pusat, Sail Raja Ampat 2014 merupakan event kelautan internasional tahunan yang memformulasikan kegiatan pelayaran di wilayah laut dan aktivitas lainnya yang berbasis kelautan dengan leading sektor pariwisata bahari.

Kegiatan Sail juga menjadi model percepatan pembangunan daerah kepulauan dan daerah terpencil. Sail Raja Ampat juga sangat efektif untuk mempromosikan wilayah Papua dan sekitarnya sebagai tujuan wisata nasional dan internasional.

"Sail Raja Ampat 2014 merupakan event internasional yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah terutama melalui sektor pariwisata bahari. Event ini menjadi momentum untuk memajukan wisata bahari di tanah air menjadi destinasi utama wisata dunia. Keindahan alam dan panorama laut di Kepulauan Raja Ampat yang memiliki sekitar 1.700 pulau, akan menjadi daya tarik bagi wisatawan dunia," paparnya.

Event bahari ini, lanjut Sharif, adalah salah satu implementasi dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang merupakan program pemerintah dalam rangka mempercepat pembangunan ekonomi nasional. Di balik itu, ada beragam acara di Sail Raja Ampat 2014 yang akan menghibur turis.

"Beberapa agenda utama lainnya dalam Sail Raja Ampat antara lain Lomba Desain Batik Papua, Festival Danau Sentani, Pelepasan Gugus Laut, Update from the Region, Yacht Rally, Pameran di Raja Ampat serta Diplomatic Tour," ujar Sharif.

Sharif menambahkan, penyelenggaraan Sail Raja Ampat 2014 merupakan sail yang ke-6 kalinya sejak tahun 2009. Event internasional ini dimulai dengan penyelenggaraan Sail Bunaken 2009, Sail Banda 2010, Sail Wakatobi-Belitong 2011, Sail Morotai 2012 serta Sail Komodo 2013.

Seperti halnya kegiatan Sail sebelumnya, Sail Raja Ampat merupakan event internasional tahunan yang diikuti peserta dari berbagai negara. Selain Indonesia, negara lain yang akan terlibat adalah Malaysia, Australia, Belanda, Thailand, Filipina, AS, dan beberapa negara lain.***


Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger