>
Headlines News :
Home » » CSIS: Elektabilitas Jokowi Mengkhawatirkan

CSIS: Elektabilitas Jokowi Mengkhawatirkan

Written By Unknown on Sabtu, 28 Juni 2014 | 16.16.00

Joko Widodo
Jakarta, Jurnalsulteng.com- Hasil pemilu legislatif yang lalu menunjukkan bahwa PDI Perjuangan menang telak di Pulau Jawa. Namun, partai banteng hitam itu harus makin rajin menggenjot elektabilitas capres-cawapresnya di seluruh daerah, karena ada indikasi stagnasi.

Potensi kemenangan di Jawa, terang peneliti dari Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Philipp Jusario Vermonte, harus mampu dimanfaatkan oleh PDIP untuk mempertahankan kemenangan di Pilpres 9 Juli mendatang.

"Kalau kita lihat data KPU, saat pileg lalu PDIP menang di 17 provinsi meliputi seluruh pulau Jawa, Golkar 12 provinsi, PAN 1 provinsi, Demokrat dua dan Nasdem satu," sebutnya yang dikutip dari Rakyat Merdeka Online, Sabtu (28/6/2014).

Dengan posisi ini, sebut Philipp, sebenarnya PDIP berada di posisi yang menguntungkan dan dapat diasumsikan bahwa pemilihnya di Pileg akan memilih pasangan yang juga diusungnya.

"Persoalannya adalah bagaimana mereka mengelola suara di provinsi-provinsi di Jawa tadi, karena di Jawa Timur angka undecided voters masih tinggi. Di Jawa Barat juga ketat," sambungnya.

Namun, Philipp menambahkan, PDIP sebaiknya fokus pemenangan di Jawa Barat karena populasi terpadat di Indonesia itu merupakan cermin situasi demografis masyarakat Indonesia.

"Siapa yang menang di Jabar itu biasanya menang di Indonesia. Tapi yang mengkhawatirkan elektabilitas Jokowi sampai sekarang tidak beda sama dengan sebelum pileg, sedangkan Prabowo naik terus," tandasnya.(Rmol)
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger