>
Headlines News :
Home » , » Popularitas Jokowi Lambungkan Elektabilitas PDIP

Popularitas Jokowi Lambungkan Elektabilitas PDIP

Written By Unknown on Kamis, 20 Juni 2013 | 10.19.00

JURNAL JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dianggap sukses memainkan perannya sebagai partai oposisi saat Partai Demokrat berkuasa. Hal tersebut menyusul survei yang digelar Indonesia Research Center (IRC), dimana PDIP dinilai sebagai partai politik yang paling dipercaya dapat memperjuangkan kepentingan rakyat.

"Saya kira kondisi relalitas hari ini, PDIP mampu memainkan peran oposisi partai oposisi yang dimainkan PDIP sangat efektif membangun kepercayaan publik. PDIP mampu jadi partai penyeimbang pemerintah dengan konsep kerakyakan, simpati publik luar biasa," kata Pakar Komunikasi Politik Heri Budianto, seperti dilansir Okezone, Kamis (20/6/2013).

Dia menambahkan faktor kedua, yang membuat PDIP diprediksi akan merajai pemilu 2014 karena berbagai macam kasus korupsi yang menyeret sujumlah kader partai, seperti Partai Golkar bermasalah dengan dugaan korupsi alquran, PKS dengan dugaan korupsi impor daging dan Partai Demokrat sudah ditinggalkan masayarakat sejak kasus Nazaruddin.

"Beberapa partai yang kadernya tersangkut masalah korupsi membuat PDIP melaju meraih simpati publik," ucapnya.

Momentum rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), PDIP mampu meraih simpati publik dengan menolak kenaikan harga BBM. "Popularitas Jokowi juga turut berpartisipasi dalam melambungkan elektabilitas PDIP. Tahun 2013 kita lihat adalah tahunnya PDIP. Elektabilitas kita enggak tahu ke depan apakah mampu memainkan perannya untuk menangkan pemilu 2014," tutupnya.

Sebelumnya survei yang digelar IRC PDI P dinilai sebagai partai politik yang paling dipercaya dapat memperjuangkan kepentingan rakyat.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan sampel sebanyak 1.151 responden yang dipilih secara acak. Sampel didistribusikan secara proporsional di 6 provinsi yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Proporsi responden laki-laki dan perempuan adalah 50:50. Margin of error (MoE) diperkirakan sebesar 2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei menunjukkan, 17,6 persen responden menyatakan, sebagai partai oposisi, PDI Perjuangan sebagai partai politik yang paling dipercaya dapat memperjuangkan kepentingan rakyat. Pandangan positif masyarakat di Pulau Jawa terhadap PDIP tidak hanya dilihat dari sisi kapabilitas dalam mengartikulasikan dan mengagregasikan kepentingan rakyat. “Sebanyak 29.6 persen responden juga menilai PDIP sebagai partai politik yang secara konsisten melakukan kontrol dan pengawasan terhadap kinerja pemerintahan, berbeda sangat signifikan Partai Demokrat dan Golkar yang berada di peringkat kedua dan ketiga,” tulis IRC.

Berikut Urutan Partai Paling Dipercaya Rakyat:

1. PDI Perjuangan (17,6 persen)
2. Golkar (12,4 persen)
3.Demokrat (12,3 persen)
4. Gerindra (7,8 persen)
5.PKB (3,9 persen)
6. PKS (3,5 persen)
7. PAN (3,1 persen)
8. NasDem (2,5 persen)
9.Hanura (2,4 persen)
10 PPP (1,7 persen)
11. PBB (0,3 persen)***


Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger