>
Headlines News :
Home » , » Walikota: Imunisasi Harus Gratis, Jangan Hanya Seremonial

Walikota: Imunisasi Harus Gratis, Jangan Hanya Seremonial

Written By Unknown on Jumat, 11 Maret 2016 | 09.45.00

Walikota Palu, Drs Hidayat didampingi istri dan Kadis Kesehatan drg Emma Sukmawati MKes memberikan vaksin polio kepada salah seorang balita pada Pekan Imunisasi Nasional. (Foto; Yusuf/Humas Pemkot)

Palu, Jurnalsulteng.com- Walikota Palu, Drs Hidayat MSi mengingatkan agar dalam pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016 jangan hanya sebatas pada pelaksanaan seremonial saja atau hanya pada waktu tertentu, namun harus terus menerus dilaksanakan dan berbiaya murah dan jika perlu digratiskan.

Gambaran ini disampaikan walikota Palu saat pencanangan PIN Polio 2016 yang di pusatkan di halaman kantor Dinas Kesehatan UPTD Urusan Kesehatan Nosarara,

Hadir dalam pelaksanaan PIN Polio tersebut, wakil walikota Palu, Sigit Purnomo Said bersama dengan istri termasuk juga istri dari walikota Palu dan sejumlah pejabat dilingkup Pemkot Palu dan provinsi Sulteng.

Dalam kesempatan tersebut, walikota Palu mengatakan bahwa Imunisasi merupakan program jangka panjang, untuk rancangan imunisasi itu telah dirancang lama termasuk pembuatan vaksin.

Hal ini dilakukan berdasarkan Landasan Hukum UUD 1945 Pasal 28 B Ayat 2 “Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan diskriminasi”. Pasal 28 H Ayat 1 “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan. UU Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002 dan UU Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009.

  “Penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi itu masih terbatas. Untuk itu pemerintah wajib mendukung penuh imunisasi yang diberikan bagi bayi dan balita, karena tujuan imunisasi itu menurunkan kesakitan dan kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Imunisasi ini sebagai upaya pencegahan Cost Effective (paling murah paling mudah) karena menggunakan vaksin produksi dalam negeri sesuai standar keamanan WHO," jelasnya.

Pada pembukaan PIN itu Walikota dan Wakil Walikota Palu juga berkesempatan memberikan vaksin kepada sejumlah bayi dan balita termasuk juga ketua DPRD Kota Palu setelah itu acara dilanjutkan dengan peninjaun ke sejumlah ruangan pelayanan di Puskesmas Nosarara tersebut.(yusuf)
Kamis (10/3/2016).

Penulis; Yusuf
Editor; Sutrisno
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger