>
Headlines News :
Home » » Barcelona Libas Munchen!

Barcelona Libas Munchen!

Written By Unknown on Kamis, 07 Mei 2015 | 07.46.00



Barcelona, Jurnalsulteng.com- Dua gol dan satu assist dari Lionel Messi membawa Barcelona menang atas Bayern Munchen pada leg pertama semifinal Liga Champions, Kamis dini hari (7/5/2015) dini hari tadi.

Laga yang digelar di Camp Nou ini berakhir dengan skor 3-0 untuk Barcelona. Sepasang gol dilesakkan Lionel Messi sementara satu lagi dicetak Neymar. Dengan hasil ini, Munchen harus menang dengan selisih empat gol di leg kedua untuk lolos ke final.

Barca tampil superior dengan permainan tiki-taka, melepaskan 15 tembakan dengan delapan diantaranya mengarah ke gawang. Sementara itu, upaya Munchen untuk mengimbangi permainan terbuka Barca justru babak belur. Mereka tak mampu melepaskan tembakan ke gawang dari delapan percobaan.

Pelatih Barcelona, Luis Enrique, menurunkan formasi 4-3-3 dengan trio MSN (Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar) di lini depan. Kombinasi Ivan Rakitic, Sergio Busquets, dan Andres Iniesta jadi pilihan di lini tengah. Absennya bek tengah Jeremy Mathieu diatasi dengan menempatkan gelandang bertahan Javier Mascheranro.

Bayern Munchen juga menurunkan formasi 4-3-3. Tanpa dua penyerang sayapnya, Arjen Robben dan Franck Ribery, pelatih Josep Guardiola memasang Thomas Muller dan Thiago Alcantara untuk mengapit penyerang tengah Robert Lewandowski di lini depan. Gelandang-gelandang tangguh ditempatkan di lini tengah yakni Xabi Alonso, Bastian Schweinsteiger, dan Philip Lahm.

Jalannya pertandingan:

Menit ketujuh Suarez menguasai bola dan menggiringnay hingga ke depan kotak penalti. Setelah mengecoh satu orang dan membuka ruang tembak, ia melepaskan tendangan ke sudut kiri bawah gawang namun bisa digagalkan kiper Manuel Neuer.

Babak pertama
   
Menit ke-13, Suarez berhasil menusuk ke sisi kiri dalam kotak penalti Munchen dan melepaskan umpan silang datar. Bola dicocor kaki Neymar namun masih bisa dihalau Neuer.

Munchen nyaris bobol gawang Barca! Empat menit berselang, giliran Munchen menebar ancaman. Berawal dari serangan balik, Muller menerobos ke sisi kiri pertahanan lawan dan melepaskan umpan silang datar. Lewandowski berdiri tak terkawal di depan kotak penalti namun tendangannya meleset. Bola melebar melewati tiang jauh.

Barcelona kembali mendapat peluang pada menit ke-33, kali ini lewat tendangan bebas dari jarak sekitar 30 meter di depan gawang. Tendangan Neymar mengarah ke sisi kiri gawang namun lajunya masih pelan. Bola pun dengan mudah ditangkap Neuer.

Blaugrana kembali menciptakan peluang pada menit ke-40. Dani Alves berhasil menyusup ke kotak penalti untuk menerima terobosan lambung. Namun lagi-lagi, kiper Munchen, Neuer, tampil gemilang dan memenangi situasi satu lawan satu dengan Alves. Barca tampil dominan namun hingga babak pertama usai, skor tetap imbang tanpa gol.

Babak Kedua

Menit ke-47, Munchen mencoba mengancam gawang lawan dengan tendangan jarak jauh Xabi Alonso. Bola masih bisa dihalau bek lawan.

Selang 10 menit, giliran Messi melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Bola masih bisa diantisipasi Neuer.

Menit ke-68, gelandang Munchen, Schweinsteiger, menyambut sepak pojok dengan sundulan dari jarak dekat namun arah bola masih jauh dari sasaran.

Gol! Terus menggempur, Barcelona akhirnya mencetak gol pembuka pada menit ke-77. Gol diawali aksi Dani Alves di sayap kanan. Aksi individunya menarik bek lawan mendekat ke arahnya, membuka ruang bagi Messi di depan kotak penalti. Alves lantas mengirimkan umpan kepada La Pulga. Dari luar kotak penalti, Messi melepaskan tendangan yang bersarang di sudut kiri bawah gawang Neuer. Skor 1-0 untuk Bercelona.

Gol! Hanya selang tiga menit, Messi menggandakan keunggulan Barca. Menerima umpan dari terobosan Rakitic di kotak penalti, Messi berhasil mengecoh Boateng dengan gocekannya hingga sang bek salah langkah dan terjatuh. Dengan tenang, Messi menaklukkan kiper Manuel Neuer dengan melepaskan bola lob melewati kepala sang kiper. Cantik! Barca unggul 2-0.

Gol tersebut seperti mematikan semangat juang Munchen. Tak ada lagi serangan-serangan berbahaya. Munchen hanya mengancam lewat tendangan jarak jauh, seperti yang dilepaskan Schweinsteiger pada menit ke-86. Bola masih jauh dari sasaran.

Gol bagi Barcelona! Tuan rumah semakin menjauh lewat gol Neymar pada menit ke-90+2. Pertahanan Munchen kocar-kacir oleh serangan balik Barcelona. Saat bek lawan fokus kepada Messi, Neymar menyusup ke ruang kosong. Messi melihatnya dan mengirimkan umpan terobosan. Neymar pun berada dalam situasi satu lawan satu dengan Neuer. Dengan tenang, ia menaklukkan Neuer dengan tendangan mendatar. Skor 3-0 bertahan hingga usai.

Susunan pemain

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Gerard Pique, Javier Mascherano (Marc Bartra 89'), Jordi Alba, Dani Alves; Ivan Rakitic (Xavi Hernandez 82'), Sergio Busquets, Andres Iniesta (Rafinha 87'); Luis Suarez, Lionel Messi, Neymar. Pelatih: Luis Enrique.

Bayern Munchen: Manuel Neuer; Medhi Benatia, Rafinha, Jerome Boateng, Juan Bernat; Xabi Alonso, Philipp Lahm, Bastian Schweinsteiger; Thiago Alcantara, Robert Lewandowski, Thomas Muller (Mario Gotze 79'). Pelatih: Josep Guardiola.[***]

Sumber; Inilah

Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger