>
Headlines News :
Home » , » Longki: Investasi di Sulteng Capai Rp17,8 Triliun

Longki: Investasi di Sulteng Capai Rp17,8 Triliun

Written By Unknown on Rabu, 15 April 2015 | 23.35.00

Ilustrasi
Palu, Jurnalsulteng.com- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola dalam pidato pengantar laporan pertanggung jawabannya di DPRD Sulteng, Selasa (14/4/2015) menyebutkan, setiap tahun terjadi peningkatan realisasi investasi di Sulteng. Realisasi investasi Tahun 2014 tercatat sebagai yang tertinggi yakni mencapai Rp17,89 triliun.

Menurut Longki, dengan adanya realisasi tertinggi yang terjadi selama ini, menjadi bukti bahwa Sulteng makin dimintai dan menjadi salah satu tujuan investor untuk menanamkan investasinya.

Tahun 2013 kata Longki, realisasi investasi hanya Rp12,71 triliun, naik menjadi Rp17,89 pada 2014.

Sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya lebih kecil lagi, yakni pada 2012 sebesar Rp9,98 triliun dan 2011 hanya Rp7,54 triliun.

Besarnya realisasi investasi tersebut karena adanya sektor pertambangan diantaranya, ekspoilitasi gas alam cair oleh PT. Donggi Senoro di  Kabupaten Banggai dan pembangunan smelter di Morowali oleh PT. Bintang Delapan Mineral.

Sebagai provinsi yang memiliki kawasan terluas di Pulau Sulawesi kata Longki,  Sulawesi Tengah memiliki potensi unggulannya yang belum digarap diantaranya, batubara, galena, emas, molibdenum, tembaga, belerang dan sebagainya. "Semua potensi tersebut masih menanti masuknya investor untuk menggarapnya," ujarnya.

Beberapa komoditas potensi Sulteng itu bukan hanya bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri, tetapi juga berpotensi untuk diekspor.

Longki juga menyebutkan, sejumlah komoditas primadona ekspor, yang sudah turut memberi andil sebagai penerimaan devisa yakni  minyak mentah dan bijih nikel, yang pada 2014 lalu masing-masing mencapai US$35,02 juta dan US$19,34 juta.

"Dari seluruh nilai ekspor Sulteng sebesar US$80,59 juta, berkontribusi dua komoditas itu sebesar 64,75 persen," jelas Longki.***

Wartawan/Editor: Agus M/Sutrisno

Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger