>
Headlines News :
Home » , » PDI-P Klaim Rebut Kursi ke Enam dari Dapil Buol-Tolitoli

PDI-P Klaim Rebut Kursi ke Enam dari Dapil Buol-Tolitoli

Written By Unknown on Jumat, 25 April 2014 | 21.33.00

Palu, Jurnalsulteng.com - Lambatnya pembahasan rekapitulasi suara untuk Kabupaten Buol dalam rapat pleno KPU Provinsi Sulteng, dinilai tidak akan berpengaruh terhadap perolehan suara Parpol PDI Perjuangan dari dapil Tolitoli-Buol. 

Partai Moncong putih itu mengklaim, memperoleh suara sebanyak 17.185 yang berarti menduduki peringkat keenam dalam perolehan kursi ke DPRD Provinsi Sulteng.

Perolehan suara tersebut disampaikan oleh Caleg PDI Perjuangan dari dapil Tolitoli-Buol (Sulteng 3) Lukky Semen kepada wartawan, kemarin. Menurutnya,  kepastian perolehan suara itu berdasarkan model DB-1 Provinsi Sulteng dari Kabupaten Tolitoli dan Buol. Apalagi, rekap suara untuk Kabupaten Tolitoli sudah diplenokan oleh KPU Sulteng dihadapan saksi Parpol yang diundang.

Berdasarkan rekap suara dari Kabupaten Buol, PDI Perjuangan memperoleh suara sebesar 7.231, sedangkan untuk Kabupaten Tolitoli 9.954 suara, sehingga total keseluruhan 17.185 suara. Adapun secara internal yang berada pada peringat teratas memperoleh suara yakni Lukki Semen sebesar 6.398 suara.

Berdasarkan data yang diterima wartawan, dari model DB-1 Kabupaten Buol dan Tolitoli untuk DPRD Provinsi Parpol, yang memperoleh suara terbesar yakni Partai Golkar sebesar 26.483 suara, menyusul Gerindra 22.905, Demokrat 21.559, PKS 19.235, Nasdem 17.632 dan PDI Perjuangan 17.185 suara. Adapun dibawah PDI Perjuangan menyusul PKB dengan perolehan 16.728 suara.

“Kami yakin tidak akan ada perubahan terhadap hasil rekab suara yang ada di model DB-1 dari Buol dan Tolitoli, karena sudah diplenokan di masing-masing KPUD untuk perolehan suara DPRD Provinsi. 
Karena itu jika ada pihak-phak yang mencoba untuk merubah suara tersebut akan berdampak dengan proses hukum,” tegas dalam rilis yang diterima Jurnalsulteng.com, Jumat (25/4/2014). 

Sementara Ketua Bappilu PDI Perjuangan Huisman Brant Toripalu yang menjadi saksi Parpol dalam rapat pleno KPU Sulteng menegaskan, tidak ada perubahan suara yang DB-1 Tolitoli dengan yang diplenokan oleh KPU Sulteng. “Tidak ada yang berubah,” ujarnya.

Ia akan terus mengawal perolehan suara PDI Perjuangan dalam rapat pleno yang dilaksanakan di KPU Sulteng. (*/lim)
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger