>
Headlines News :
Home » , » Warga Perumnas Balaroa Siapkan 20 Ekor Sapi Kurban

Warga Perumnas Balaroa Siapkan 20 Ekor Sapi Kurban

Written By Unknown on Sabtu, 10 September 2016 | 13.46.00




Palu, Jurnalsulteng.com -  Berkurban merupakan Sunnah bagi umat Islam yang mampu. "Idul Adha 1437 hijriah tahun  ini, umat muslim Perumnas Kelurahan Balaroa Palu Barat, menyiapkan sedikitnya 20 ekor sapi, yang akan disembelih, " kata Ketua Panitia Kurban Masjid Darrul Muttaqien Perumnas Balaroa, H. Firdaus H Pide,S.Sos pada Jurnasulteng.com, Sabtu (10/9/2016).

Ia menyatakan,  hewan kurban yang disembelih itu berupa sapi berjenis kelamin jantan. Penyembelihan hewan kurban ini,  dilaksanakan mulai Senin-Rabu (12-15/9/2016).

Jumlah hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha tahun ini, menurut H Firdaus cenderung meningkat,  paling tidak selama kurun waktu dua tahun terakhir. Ini wujud semakin membaiknya kesadaran umat Islam dalam menjalankan ibadah kurban.

Pada Idul Adha 2015 lalu,  hewan kurban yang disembelih sebanyak 18 ekor dengan rincian  16 ekor sapi dan 2 ekor kambing.
Sementara untuk tahun ini ada  20 ekor sapi.  Proses penyaluran daging  kurban ini, melibatkan ketua-ketua RT, sehingga diyakini seluruh warga Perumnas yang jumlahnya sekira 500 Kepala Keluarga (KK)  akan menerima daging kurban tanpa terkecuali.  "Jadi sistemnya seperti tahun kemarin tanpa proses tukar kupon kecuali bagi warga yang berkurban, " tuturnya.
H. Firdaus H. Pide

Menurut H Firdaus, untuk satu ekor sapi yang berkurban diperbolehkan tujuh orang dan kambing hanya diperuntukan satu orang. Yang ikut menyembelih, merupakan masyarakat sekitar yang dengan ikhlas membantu dan sudah terbiasa untuk menyembelih hewan kurban.

“Sesuai dengan amalannya, yang berkurban akan mendapatkan pahala sesuai dengan hewan yang dikurbankannya. Bagi penerima daging kurban, diharapkan agar mendoakan yang berkurban, dan daging yang didapat menjadi berkah,” tandasnya.

Anggota TNI-AL ini berharap masyarakat terus meningkatkan partisipasi dalam berkurban. Dengan sistem  yang ada sekarang ini Insya Allah  pada hari Raya Idul Adha ke depan jumlah hewan kurban bisa bertambah banyak.

Olehnya ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah ikut berkurban dengan ikhlas untuk membantu masyarakat kurang mampu. “Semoga kurban yang diperuntukan bagi masyarakat menjadi berkah dan menambah ketakwaan masyarakat yang mampu untuk selalu berbagi rasa dengan penuh kebersamaan merayakan hari Raya Idul Adha,” pungkasnya.

Sementara Bendahara Panitia Kurban Masjid Darul Muttaqien  H. Muh Rusli Ayyub, SH, MH menambahkan momen hari Raya Idul Adha diharapkan  masyarakat menjadi umat yang selalu bersyukur dan selalu memandang ke bawah. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang lebih membutuhkan dan serba kekurangan.

"Membagi rasa bersama masyarakat dengan berkurban merupakan kebahagian tersendiri yang patut disyukuri sebagai bukti kepedulian terhadap masyarakat dalam membangun kebersamaan yang lebih harmonis," tandasnya.

Ia juga menuturkan dalam proses penyembelihan hewan kurban  sekira 40 orang warga  terlibat dalam kepanitiaan,   termasuk bagian konsumsi.  "Dalam pengerjaanya panitia saling menghargai dan menjaga kekompakan,” pungkasnya. (***)

Rep; Agus Manggona
Red; Sutrisno
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger