>
Headlines News :
Home » » Iri soal Dana Bantuan, Dua Distrik di Papua Saling Serang

Iri soal Dana Bantuan, Dua Distrik di Papua Saling Serang

Written By Unknown on Minggu, 24 April 2016 | 17.15.00

Ilustrasi konflik sosial di Papua. (REUTERS)

Jakarta, Jurnalsulteng.com- Konflik sosial pecah di Kabupaten Tolikara, Papua sejak 9 hingga 18 April ini. Dua orang dikabarkan tewas. Kerusuhan berpotensi bisa terus berlanjut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tolikara, Feri Kagoya, Minggu (24/4/2016) mengatakan, konflik terjadi di distrik Gika dan Panaga. Menurut Feri, perpecahan diakibatkan oleh kecemburuan dalam pembagian dana bantuan yang dinilai tidak adil antar distrik.

Selain dua korban tewas, konflik juga mengakibatkan kerusakan pada ratusan bangunan di kedua distrik.

"Mengantisipasi konflik susulan, warga mengungsi ke distrik tetangga seperti Umagi dan Kembu," kata Feri yang dilansir  CNN Indonesia.com.

Petugas keamanan menurutnya kesulitan menjangkau lokasi tersebut karena medan yang berat dan terjal menuju kedua distrik itu.

"Susah bertahan di sana. Pesawat juga sulit, dan dari pesawat mesti jalan kaki lewat medan terjal," kata Feri.

Feri menjelaskan, dana bantuan yang dipermasalahkan adalah dana respect dari pemerintah provinsi untuk pemberdayaan masyarakat. Konflik terpicu karena warga distrik Gika merasa dirugikan.

"Akhirnya terjadi baku serang," kata Feri.

Kepala Pusat Data Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pihak BNPB telah meminta bantuan dan sudah dilakukan upaya perdamaian. Namun potensi konflik masih tinggi karena ada dendam antara kedua pihak.

"BPBD dan Pemerintah Daerah telah melakukan penanganan darurat, namun APBD Tolikara yang terbatas membuat bantuan tersendat," ujarnya.

Menurut data BNPB, kerugian materi meliputi 95 unit rumah yang terbakar. Selain itu, terjadi juga kerusakan pertanian, penjarahan ternak dan kehilangan harta benda.

"Kerugian keseluruhan masih dalam penghitungan," kata Sutopo.(***)

Source; CNNIndonesia
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger