>
Headlines News :
Home » » Trik Berselancar di Facebook tapi Hemat Baterai

Trik Berselancar di Facebook tapi Hemat Baterai

Written By Unknown on Kamis, 11 Februari 2016 | 18.53.00


Jurnalsulteng.com- Bukan rahasia lagi aplikasi Facebook di platform iOS masuk di jejeran aplikasi paling banyak diunduh, meski disadari atau tidakm layanan ini menguras banyak energi baterai di iPhone maupun perangkat berbasis Android.

Seperti yang diwartakan The Guardian, jika pengguna rela menyingkirkan atau uninstall aplikasi Facebook versi mobile maka kemungkinan besar baterai ponsel akan hemat -- 20 persen untuk baterai ponsel Android dan 15 persen untuk baterai iPhone.

Khusus ponsel iPhone, jika pengguna ingin tetap aktif di Facebook sekaligus meghemat 15 persen masa 'hidup' baterai maka disarankan menggunakan browser Safari untuk mengunjungi jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut.

Penggunaan iPhone 6s Plus selama satu minggu tanpa ada aplikasi Facebook yang dipasang cukup berpengaruh. Baterai iPhone 6s Plus diisi ulang saat malam hari seperti biasa dan mulai digunakan secara normal sekitar pukul 7.30 pagi.

Berselancar di Facebook juga seperti biasa, hanya saja langsung mengaksesnya ke situs mobile menggunakan browser Safari bawaan iPhone. Rata-rata baterai iPhone tersisa 15 persen hingga malam hari, sekitar pukul 10.30 malam setiap harinya.

Selain menghemat baterai 15 persen, secara tidak langsung juga menghemat ruang memori dari data yang tersimpan di dalam aplikasi Facebook itu. Biasanya bisa mencapai ratusan megabyte.

Sebelumnya Facebook sudah mengakui memang aplikasi mobilenya terdapat bug dan telah memperbaikinya dengan merilis versi terbaru.

Pertama, ada masalah "CPU spin" di kode jaringan Facebook. Menurut Grant, CPU spin ini seperti anak kecil di dalam mobil yang tak sabar sampai tujuan dan terus-menurut bertanya, "apakah kita sudah sampai?" tanpa menghasilkan proses apapun.

Manajer teknisi Facebook, Ari Grant beberapa waktu lalu menjelaskan, proses berulang ini menyebabkan aplikasi mobile Facebook menguras baterai ponsel jauh lebih boros dari yang diperkirakan.

Masalah kedua adalah sistem playback suara dari video. "Jika Anda ke luar dari aplikasi Facebook setelah menonton video, sesi audio terkadang tetap aktif seakan-akan Anda masih membukanya," ungkap Grant.

Hal ini diibratkan Grant, sama seperti pengguna ingin mendengarkan lagu dari aplikasi musik sambil melakukan hal lain, sehingga pengguna memang harus ke luar dari aplikasi musik tersebut, tanpa memberhentikan lagu yang sedang dimainkan.

Grant juga mencatat, masalah boros baterai ini tidak ada kaitannya dengan fitur lokasi atau history lokasi di dalam Facebook.(CNN)


Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger