>
Headlines News :
Home » , » Ditetapkan DPRD, Longki: Kami Dilantik pada 'Kloter' ke Tiga

Ditetapkan DPRD, Longki: Kami Dilantik pada 'Kloter' ke Tiga

Written By Unknown on Jumat, 05 Februari 2016 | 00.04.00

Pasangan Longki Djanggola dan Sudarto memberikan keterangan pers usai ditetapkan sebagai Gubernur/Wakil Gubernur Terpilih oleh DPRD Sulteng, Kamis (4/2/2016). Sebagai petahana, pasangan Longki-Sudarto baru akan dilantik setelah menyelesaikan masa jabatanya periode pertama pada Juni 2016. [Foto; Trisno/JurnalSulteng]


Palu, Jurnalsulteng.com- DPRD Sulawesi Tengah akhirnya   menggelar pleno  penetapan gubernur dan wakil gubernur Sulteng terpilih 2015-2020 Longki Djanggola dan Sudarto, setelah sempat ditunda pada tanggal 2 Februari 2016 lalu.

Penetapan tersebut dilaksanakan melalui Sidang Paripurna Istimewa yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Aminuddin Ponulele, di ruang Sidang Utama Gedung DPRD Sulteng, Kamis (4/2/2016).

Longki Djanggola dan Sudarto kembali ditetapkan menjadi gubernur terpilih pada periode 2016-2021 untuk periode kedua, setelah memenangkan Pilkada Serentak 9 Desember 2015.

Ketua DPRD Sulteng Aminuddin Ponulele pada sidang tersebut juga sempat menyampaikan, bahwa tertundanya pelaksanaan penetapan tersebut tidak ada unsur kesengajaan atapun tekanan dari pihak manapun.

Sebelum menutup sidang penetapan, Aminuddin secara tegas memerintahkan memerintahkan kepada sekretaris DPRD Sulteng, untuk segera menyelesaikan seluruh dokumen yang diperlukan untuk pengusulan pelantikan ke Presiden melalui Menteri Dalam Negeri.

"Saya perintahkan kepada Sekwan untuk segera melengkapi dokumen yang diperlukan dan segera diusulkan ke Mendagri," kata Aminuddin.

Sementara itu, usai menghadiri sidang paripurna  Longki Djanggola mengatakan, pelantikan Gubernur/Wakil Gubernur Sulteng terpilih dalam Pilkada Serentak, akan dilakukan pada tahapan ketiga  yakni sekitar Juni 2016 sesuai berakhirnya masa jabatan.

"Dari tiga gelombang pelantikan, Gubernur Sulawesi Tengah masuk pada 'kloter' ke tiga. Kepala daerah yang dilantik gelombang pertama adalah mereka yang sudah berakhir masa jabatannya terutama penjabat kepala daerah dan tidak bermasalah di Mahkamah Konstitusi," kata Longki didampingi Sudarto pada sejumlah wartawan.

Longki mengatakan, dirinya harus menjelaskan tahapan pelantikan tersebut agar masyarakat bisa menepis kabar yang simpang-siur terkait kejelasan waktu pelantikan kepala daerah hasil pilkada serentak.

Menurut Longki, untuk pelantikan tahap pertama, 15 Februari 2016, diikuti oleh tujuh dari delapan kabupaten/kota yang mengikuti pilkada serentak di Sulawesi Tengah yakni Kabupaten Tolitoli, Poso, Morowali Utara, Tojo Unauna, Banggai Kepulauan, Kabupaten Sigi dan Kota Palu.

Longki mengatakan, seluruh usulan kepala daerah terpilih yang sudah ditetapkan oleh KPU dan sudah diparipurnakan di DPRD telah diusulkan gubernur ke Menteri Dalam Negeri.

Saat ini, kata Longki, sudah memasuki tahapan proses penerbitan keputusan pengesahan kepala daerah terpilih oleh Menteri Dalam Negeri.

"Semua masalah terkait pilkada sudah selesai. Kami baru akan dilantik Juni 2016 karena itu juga bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan kami. Paling lambat pelantikan 17 atau 18 Juni," katanya.

Longki juga menyampaikan terima kasih pada masyarakat Sulteng yang telah ikut mensukseskan Pilkada Serentak, sehingga bisa berlangsung dengan lancar dan aman.

"Sekarang semua sudah selesai. Sudah tidak usah lagi ada eng ing eng dan lain sebagainya. Mari sama-sama kita bangun Sulawesi Tengah untuk menjadi lebih baik, lebih maju, mandiri dan  berdaya saing. Ini adalah kemenangan masyarakat Sulawesi Tengah," tutup Longki.[***]

Penulis; Sutrisno
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger