>
Headlines News :
Home » , » Sulteng Siap Laksanakan Pilkada Serentak

Sulteng Siap Laksanakan Pilkada Serentak

Written By Unknown on Jumat, 01 Mei 2015 | 20.49.00

Rakor Bawaslu RI di Palu Golden Hotel, Jumat (1/5/2015). [Foto: Trisno/JS]













Palu, Jurnalsulteng.com- Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bersama Kabupaten/Kota yang akan melakasanakn pemilihan kepala daerah sudah siap melaksanakan Pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember 2015 mendatang.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sulteng Longki Djanggola pada pembukaan rapat koordinasi stakeholders yang digelar Badan Pengawas Pemilu RI, di Palu Golden Hotel, Jumat (1/5/2015). "Laporan yang saya terima, semua daerah sudah siap melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak," jelasnya.

Menurut Longki, salah satu kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak itu sudah didukung dengan ketersediaan anggaran dan fasilitas pendukung lainnya dari pemerintah daerah masing-masing.

"Semua sudah siap. Tidak ada yang bisa dijadikan alasan untuk tidak melaksanakan pemilihan kepala daerah," ujar

Longki mengatakan, meski ada dua daerah yang akan mengikuti Pilkada ditetapkan belakangan, tapi sudah siap untuk mengikuti pelaksanaan Pilkada serentak.

“Tadinya provinsi belum siap dengan anggaran. Tapi setelah saya konsultasikan ke Mendagri, akhirnya disetujui dan siap melaksanakan Pilkada gubernur. Termasuk Kabupaten Baggai,” ujarnya.

Total anggaran yang disiapkan Pilkada serentak sebesar Rp135 miliar, terdiri dari anggaran KPU Sulawesi Tengah Rp100 miliar, Bawaslu Sulawesi Tengah Rp26,4 miliar dan pengamanan sebesar Rp8,6 miliar.

Longki juga yakin kesiapan masyarakat untuk mengikuti Pilkada serentak Longki juga yakin bahwa masyarakat Sulteng sudah paham dengan demokrasi di daerah ini.

Untuk itu Longki berharap penyelenggaraan pilkada serentak dapat berjalan lancar dan aman sesuai harapan. Untuk dapat mencapai semua itu, ia berharap para pemangku kepentingan dapat bekerja sama dalam mengawal demokrasi, sehingga menghasilkan pemilihan kepala daerah yang profesional, jujur dan akuntabel.

Rapat koordinasi yang dilaksanakan Bawaslu RI ini akan berlangsung selama dua hari (1-2 Mei 2015), dalam rangka pendidikan pengawasan partisipatif pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota se Provinsi Sulawesi Tengah. [Trs]

Editor: Agus M
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger