>
Headlines News :
Home » » Tips Ubah Aplikasi dan Launcher Bawaan di Android

Tips Ubah Aplikasi dan Launcher Bawaan di Android

Written By Unknown on Sabtu, 09 Agustus 2014 | 11.38.00

Ilustrasi
Jurnalsulteng.com- Smartphone dengan sistem operasi Android mempunyai banyak kelebihan, salah satu kelebihan utamanya adalah kostumisasinya sangat fleksibel.

Kita bisa mengubah hampir seluruh bagian dan sudah menjadi hal yang biasa bagi Anda untuk selalu mengatur aplikasi atau launcher favoritnya menjadi default app.

Bagi Anda pemilik smartphone atau tablet berbasis Android, tentunya hanya tinggal memilih 'use by default for this action' dan aplikasi atau launcher pilihan pun sudah menjadi default app atau launcher.

Akan tetapi, ada kemungkinan besar Anda akan bosan dengan default app yang telah diatur dan ingin kembali pada tampilan default app atau launcher lain baik bawaan dari smartphone atau tablet Android bersistem operasi Android versi Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean ataupun Kitkat.

Masalahnya, dengan menandai 'use by default for this action' akan sulit bagi Anda, terutama bagi pemula untuk mengganti aplikasi yang telah menjadi default app dengan aplikasi lain atau kembali pada atau default app bawaan smartphone dan tablet Android.

Untungnya, terdapat tips yang dapat mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah tips mengubah default app smartphone atau tablet Android:

Nonaktifkan launcher atau aplikasi yang dipakai

Mengenai cara mengubah default app pertama adalah dengan menonaktifkan launcher atau aplikasi yang sedang diaktifkan dalam smartphone atau tablet Android.

Anda dapat melakukan hal tersebut melalui menu 'Settings', kemudian pilih 'Applications'. Di dalam menu 'Applications' terdapat aplikasi atau launcher yang Anda maksud. Setelah menemukan aplikasi yang dimaksud kemudian scroll layar ke bawah sampai ditemukan opsi 'Clear Defaults', maka Anda dapat mengganti auncher lama dengan launcher baru yang diinginkan.

Mengatasi pilihan Clear Defaults yang tidak aktif

Untuk mengatasi opsi 'Clear Defaults' yang tidak aktif, bila hal ini terjadi Anda tidak perlu khawatir, Anda dapat melakukan cara lain yang serupa namun tak sama.

Anda hanya perlu mencari aplikasi lain yang fungsinya serupa dengan aplikasi yang ingin dinonaktifkan. Contohnya, Anda hanya perlu menginstal launcher baru yang nantinya akan berfungsi sebagai clear default launcher yang sebelumnya telah dipakai.

Memilih dan mengganti launcher baru

Cara mengubah app default memberikan catatan tambahan pada Anda sebagai pengguna pemula bahwa sebenarnya sistem Android secara otomatis dapat mendeteksi launcher baru yang ingin digunakan.

Setelah launcher baru tersebut terdeteksi, Anda diharuskan untuk melakukan tap layar pada 'Home Button'. Setelah itu akan muncul opsi kembali yang menanyakan tentang pilihan launcher Android mana yang Anda pilih untuk digunakan pada smartphone atau tablet.

Dengan adanya pertanyaan mengenai pilihan tersebut, Anda dapat memutuskan launcher mana yang Anda inginkan sebagai default app atau launcher .untuk mengganti default launcher, tinggal klik 'Select Default' yang ada di samping bawah nama launcher yang sedang aktif. Maka akan keluar pilihan untuk memilih launchernya. Sekarang kita bisa memilih launcher yang akan dipakai dan dijadikan default kembali.

Menggunakan aplikasi Default App Manager Pro

Aplikasi Default App Manager Pro dikembangkan oleh Appiator dan dirilis pada bulan Maret lalu. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mengubah default app yang diinginkan. Bahkan dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat mengubah default app sesering yang Anda inginkan.

Aplikasi ini juga merupakan aplikasi bebas iklan karena merupakan versi pro. Berbeda dengan Default App Manager Lite yang merupakan aplikasi cuma-cuma yang tidak bebas iklan.

Singkatnya, aplikasi ini sangat cocok bagi pecinta Android yang memiliki banyak pilihan aplikasi yang ingin dijadikan default app untuk kemudahan, namun sangat mudah bosan dengan default app yang itu-itu saja.

Aplikasi Default App Manager Pro atau Default App Manager Lite bisa Anda dapatkan di Google Play. Akan tetapi, bila Anda merasa cukup dengan tips mengubah default app yang dilakukan secara manual, maka Anda pun bisa mengikuti langkah-langkah tersebut dengan benar agar proses perubahan default app Android versi Ice Cream Sandwich ke atas Anda berhasil. Aplikasi ini bisa anda unduh langsung via Google Play. [Inilah] 





Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger