>
Headlines News :
Home » , » Amankan Pilpres, Polda Sulteng Kirim Pasukan ke Daerah

Amankan Pilpres, Polda Sulteng Kirim Pasukan ke Daerah

Written By Unknown on Sabtu, 05 Juli 2014 | 11.15.00

Ilustrasi
Palu, Jurnalsulteng.com - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah, Jumat (4/7/2014) mulai mengirim pasukan pengamanan Pilpres 2014 ke sejumlah daerah untuk persiapan pengamanan pelaksanaan Pemilihan Presiden 9 Juli 2014.

Kepala Polda Sulawesi Tengah Brigjen Pol Ari Dono Sukmanto mengatakan pengiriman pasukan Polri itu terlebih dahulu ditujukan ke daerah terjauh, seperti Kabupaten Morowali, Kabupaten Banggai atau Kabupaten Banggai Kepulauan.

Ia menjelaskan bahwa penempatan aparat Polri selanjutnya dilakukan di daerah-daerah terdekat, seperti Kabupaten Donggala, Kabupaten Parigi Moutong, dan sekitarnya.

Kapolda juga mengimbau seluruh petugas yang terlibat dalam pengamanan Pemilihan Umum Presiden 2014 agar tetap waspada terhadap setiap potensi gangguan keamanan.

"Kenali kawan kita saat bertugas," kata dia menegaskan.

Dia juga meminta anggota Polri untuk menjaga netralitas saat pelaksanaan Pilpres. "Jangan sampai ada omongan polisi di kedai-kedai yang mempengaruhi masyarakat," katanya mengingatkan.

Polda Sulawesi Tengah menyiapkan 8.395 personel untuk mengamankan seluruh tahapan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI 2014.

Ribuan personel itu terdiri dari 1.444 aparat yang mengamankan selama proses kampanye, sebanyak 5.779 orang disiapkan untuk pengamanan pemungutan suara, serta sekitar 1.800 aparat saat saat penetapan hasil pemungutan suara.

Seluruh pasukan pengamanan itu terdiri dari aparat Polda Sulawesi Tengah dan polres-polres yang ada di provinsi ini.

Kapolda mengatakan sistem pengamanan pemilihan presiden itu disesuaikan dengan tingkat kerawanan daerah dan setiap tempat pemungutan suara (TPS) yang berjumlah 5.857 unit.

Dalam menjaga keamanan Pilpres 2014, Polri juga dibantu dengan pasukan TNI dan aparat dari Perlindungan Masyarakat (Linmas) pemerintah daerah. (Ant)

Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger