>
Headlines News :
Home » » Bilik Asmara Korban Banjir Manado Mendesak

Bilik Asmara Korban Banjir Manado Mendesak

Written By Unknown on Selasa, 04 Februari 2014 | 10.59.00

Banjir bandang di Kota Manado yang terjadi 15 Januari 2014 lalu menyebabkan ribuan kepala keluarga kehilangan rumah. (Foto:manadokota.com) 
Manado, Jurnalsulteng.com - Kebutuhan biologis suami istri korban banjir di Kota Manado, Sulawesi Utara mulai dipikirkan. Mereka sudah 19 hari mengungsi, hasrat hubungan suami istri pun mulai digunjingkan di sana.  Menurut Komandan Distrik Militer (Dandim) Manado, Letnan Kolonel Inf Indarto Kusnohadi, bilik asmara itu sedang dipikirkan pengadaannya. 

"Urgensinya tinggi. Mereka 19 hari di pengungsian, sehingga perlu dipikirkan kebutuhan biologisnya," kata dia, Selasa (4/2/2014). Pilihannya, antara lain merelokasi secepatnya para korban banjir atau segera membersihkan tempat tinggal mereka. Masalahnya, bagaimana jika tiba-tiba ada banjir lagi.

Indarto menjelaskan, dengan kondisi serba sulit ini, emosi warga yang tinggal di pengungsian sangat mudah tersulut. "Situasi ini bisa menjadi masalah baru apabila tidak dicarikan solusi. Kami sedang pikirkan kebutuhan ini," kata Indarto.

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengaku tengah mencarikan lokasi yang tepat untuk pengungsi yang jumlahnya mencapai 2.211 kepala keluarga tersebut.
Menurut Lumentut,  lokasi yang akan dipilih harus mengikuti standar pengungsian yang diberikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Setiap satu kepala keluarga harus punya ruangan khusus seluas 3 x 1 meter.


"Inilah yang memang harus dipikirkan kebutuhan biologis yang sulit direm. Kami harus bergerak cepat," kata Lumentut.

Banjir bandang di Manado banyak menyisakan banyak masalah. Selain kerusakan infrastruktur, juga problem sosial masyarakat seperti kehilangan matapencaharian korban banjir serta kebutuhan pendidikan mereka. Dibutuhkan waktu lama untuk mengembalikan situasi Manado seperti sebelum banjir.***


sumber:tempo.co

Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger