>
Headlines News :
Home » , » Jelang Lebaran, BI Sulteng Layani Penukaran Uang Rp138 Miliar

Jelang Lebaran, BI Sulteng Layani Penukaran Uang Rp138 Miliar

Written By Unknown on Rabu, 07 Agustus 2013 | 09.58.00

Palu (Jurnalsulteng.com) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah telah melayani penukaran uang kertas hingga akhir Juli 2013 sebanyak Rp138 miliar.

"Rata-rata per hari ada 125 orang yang menukarkan uang," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah, Purjoko, Selasa (6/8/2013).

Ia mengatakan penukaran uang kertas itu selain berlangsung di Kantor Bank Indonesia juga diselenggarakan di beberapa pusat keramaian seperti pasar Ramadhan, pasar tradisional dan pusat perbelanjaan lainnya.

Di sejumlah pusat keramaian itu Bank Indonesia menyediakan sebuah mobil penukaran uang yang bisa melayani penukaran uang kertas hingga sebanyak Rp50 juta per hari.

Purjoko mengatakan intensitas penukaran uang kertas itu meningkat menjelang akhir Ramadhan.Penukaran uang kertas itu pada umumnya berupa pecahan Rp1.000 hingga Rp5.000.

Sementara itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah menjamin kecukupan kebutuhan uang tunai kepada masyarakat di wilayahnya menjelang Lebaran 2013.

Purjoko juga mengimbau masyarakat tak perlu risau saat membutuhkan uang tunai. Bank Indonesia juga telah meminta perbankan di Sulawesi Tengah menyediakan uang tunai di kantor kas dan mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Karyawan perbankan sendiri akan cuti bersama pada 5-9 Agustus 2013 sehingga saat itu tidak ada pelayanan di kantor-kantor bank.

Masyarakat akan mengandalkan mesin ATM untuk memenuhi kebutuhan uang tunai saat menjelang lebaran.

"Mesin ATM juga disediakan cukup uang sehingga masyarakat tak perlu khawatir," kata Purjoko.

Ia memperkirakan kebutuhan uang tunai di masyarakat Sulawesi Tengah hingga menjelang Lebaran 2013 mencapai Rp884,6 miliar atau meningkat sekitar 53,4 persen dibanding tahun sebelumnya. Ini menunjukkan aktivitas ekonomi masyarakat juga lebih tinggi.***

sumber:antarasulteng.com

Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger