>
Headlines News :
Home » , » Pelemahan Rupiah Berkah & Musibah

Pelemahan Rupiah Berkah & Musibah

Written By Unknown on Kamis, 18 Juli 2013 | 15.29.00

JAKARTA, (jurnalsulteng.com) - Pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menjadi sangat dilematis. Saat ini, nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS sudah menyentuh angka Rp10.036 per USD.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengatakan, pelemahan ini menjadi kabar baik bagi para eksportir. Menurutnya, dengan melemahnya Rupiah, maka penyerapan dolar AS dari penerimaan negara akan naik.

"Namun, berakibat buruk apabila pemerintah Indonesia melakukan impor besar-besaran. Jadi saya pikir kita perlu berhati-hati kita di sisi dilematis," kata dia di Jakarta, Kamis (18/7/2013).

Menurut dia, para pelaku industri lebih terbiasa dengan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS sebesar Rp9.500 per USD. Dia berharap, pemerintah bisa menjaga Rupiah pada level tersebut. "Apalagi, cadangan devisa kita menurun sehingga memprihatinkan. Banyak membutuhkan dolar AS, impor tentu semakin berat," katanya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, seharusnya pemerintah Indonesia bisa menjaga kepercayaan investor, sehingga apabila investasi masuk ke Indonesia maka diperkirakan Rupiah akan kembali menguat. "Kita harapkan demikian investasi kita jaga tetap deras masuk ke Indonesia, konsumsi domestik penting, ini kita jaga jangan sampai investasi melambat," tandasnya.

Sekadar informasi, nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali menembus level psikologis Rp10.000 per USD. Nampaknya, apresiasi dolar AS terlalu kuat bagi pergerakan mata uang di Asia.

BI mencatat Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Rp10.036 per USD, dengan kisaran perdagangan harian sebesar Rp9.986-Rp10.086 per USD. Sementara Bloomberg mencatat Rupiah berada pada Rp10.118 per USD, dengan pergerakan harian di kisaran Rp10.019-Rp10.118 per USD.***

sumber:okezone.com
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger