>
Headlines News :
Home » » Sulteng Bina Seribu Pelaku Industri Kreatif

Sulteng Bina Seribu Pelaku Industri Kreatif

Written By Unknown on Senin, 19 September 2016 | 08.56.00

Ilustrasi

Palu,  Jurnalsulteng.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah membina seribu pelaku usaha industri kreatif yang ditempatkan di seluruh objek wisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tengah Hj. Siti Norma Mardjanu yang dikutip Antara menyatakan bahwa pembinaan itu berupa pelatihan dan pemberian bantuan-bantuan.

Menurut Norma, ke-1000 pelaku industri kreatif tersebut semuanya terlibat dalam pengebangan wisata, mulai dari wisata bahari, wisata alam dan lainnya.

Usaha yang mereka kembangkan antara lain pembuatan berbagai jenis karya seni, industri rumah tangga atau kerajinan tangan, warung makan, cottage dan homestay.

Dinas Parekraf tidak memberikan bantuan berupa dana kepada pelaku industri kreatif tersebut yang ada di objek-objek wisata. Melainkan pelatihan dan bantuan berupa barang jadi atau kebutuhan lainnya terkait pengebangan usaha mereka di sekitar objek wisata.

"Tidak ada bantuan berupa uang atau dana tunai, yang ada hanyalah bantua berupa barang jadi yang diberikan langsung kepada para pelaku industri kreatif," urainya.

Disparekraf juga memberikan pembinaan mental dan keterampilan para pelaku industri kreatif dalam hal menerima dan melayani tamu yang datang berwisata.

Dia mengutarakan dalam satu paket pembinaan mental dan pengembangan usaha terdiri atas 300 orang, saat ini pihaknya telah membina kurang lebih lima paket pelaku industri kreatif.

Menurut Norma, pihaknya memberikan perhatian khusus kepada masyarakat di sekitar lokasi-lokasi wisata untuk melakukan pelatihan dan menyalurkan bantuan tersebut karena peran aktif mereka akan sangat menentukan daya tarik sebuah lokasi wisata.

Ia berharap, lewat dukungan semua pihak, provinsi ini dapat menggaet wisatawan asing dan domestik sebanyak tiga juta orang setiap tahun.

Pada 2015, provinsi ini dikunjungi 2,9 juta wisatawan, sekitar 20.000 di antaranya adalah wisatawan mancanegara.(***)

Source; Antara
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger