>
Headlines News :
Home » » Buntut Insiden Rossi-Marquez, MotoGP Kenalkan Hakim Balap

Buntut Insiden Rossi-Marquez, MotoGP Kenalkan Hakim Balap

Written By Unknown on Sabtu, 06 Februari 2016 | 09.30.00


Genewa, Jurnalsulteng.com - Presiden Federasi Balap Sepeda Motor Internasional (FIM) Vito Ippolito membenarkan bahwa sistem pengawasan MotoGP akan memiliki struktur baru pada musim 2016, setelah terjadinya tabrakan antara Marc Marquez dan Valentino Rossi tahun lalu.

MotoGP memang merencanakan perubahan majelis pengawas (stewarding panel) demi mencegah kontroversi seperti insiden Marquez dan Rossi dalam Grand Prix Malaysia musim lalu.

Komisi Grand Prix bersidang di Genewa Jumat (5/2/2016) dan memutuskan untuk membentuk majelis baru yang terdiri dari tiga steward dan sifatnya independen dari race direction.

Majelis ini punya wewenang menyelidiki terjadinya insiden dan menjatuhkan hukuman pada pembalap.

"Kami memutuskan untuk memisahkan kewajiban dan tugas Race Direction dengan para hakim -- yaitu majelis steward," kata Ippolito.

"Kami ingin membuat Race Direction tetap fokus untuk mengelola balapan karena banyak tanggung jawab di situ dan hal-hal penting untuk dilakukan. Kami ingin membuat mereka bebas mengatur balapan, namun mereka tidak lagi terlibat dalam tugas menghukum pembalap. Ini butuh waktu lebih lama dan dedikasi khusus."

"Di lain pihak kami akan memiliki majelis beranggotakan tiga steward, salah satunya adalah direktur balapan (Race Director) karena mereka akan selalu ada sepanjang musim dan di semua Grand Prix."

Dengan demikian, majelis sekarang akan meliputi direktur balapan Mike Webb, dan dua steward dari FIM, salah satunya mungkin menjabat permanen, kata Ippolito.

Ippolito juga mengatakan sistem poin penalti ditinjau kembali karena munculnya banyak kritikan setelah penalti yang diterapkan pada Rossi di balapan pamungkas di Valencia.

"Dalam beberapa tahun terakhir kami memakai sistem poin penalti namun sekarang hal itu dibahas kembali," ujarnya.(***)

Sumber; Beritasatu
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger