>
Headlines News :
Home » » Sampai Kapan Megawati akan Pimpin PDI-P ?

Sampai Kapan Megawati akan Pimpin PDI-P ?

Written By Unknown on Jumat, 10 April 2015 | 11.01.00

Megawati Soekarnoputri
Jakarta, Jurnalsulteng.com- Megawati Soekarnoputri terpilih kembali menjadi ketua umum PDI Perjuangan periode 2015-2020 dengan mulus. Pemilihan ini dilakukan secara musyawarah mufakat. Pengumuman resmi dilakukan setelah peserta sidang melakukan rapat tertutup selama dua jam dalam Kongres IV PDI Perjuangan di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Kamis (9/4/2015).

Setelah diambil sumpahnya dengan dipandu pimpinan sidang Frans Lebu Raya dan di hadapan ribuan kader, Megawati kembali menyampaikan pidatonya.

"Saya tidak menyangka akan diminta kembali," kata Megawati mengawali pidatonya.

Putri Presiden Indonesia pertama Soekarno ini sudah mulai memimpin partai berlambang banteng ini semenjak tahun 1993. Keputusan Kongres Luar Biasa PDI yang diselenggarakan di Surabaya, memutuskan secara aklamasi Megawati sebagai Ketua Umum PDI.

Walaupun sempat dimakzulkan dalam Kongres PDI di Medan pada tahun 1996, Megawati tetap bertahan. Dukungan yang kuat membuat dia mengubah nama menjadi PDI Perjuangan pada 1999. Tentu dia tetap menjadi Ketua Umum.

Direktur Eksekutif Cyrus Network, Hasan Nasbi menilai, sosok Megawati sangat tidak tergantikan dalam partai berwarna dasar merah tersebut. Sehingga hanya dua kemungkinan yang bisa membuat PDI Perjuangan tidak dipimpin Megawati. (Baca: Demokrasi PDIP Tidak Rasional

"Sampai kapan tidak memimpin itu cuma Ibu Mega yang tahu. Tapi kalau melihat gejala sekarang sampai sekuat Ibu Mega. Mungkin Ibu Mega hanya bisa dihentikan oleh alam atau dia merasa tidak kuat lagi," jelasnya, Kamis (9/4/2015) malam.

Megawati telah mencatatkan rekor baru dengan menjadi Ketua Umum partai terlama di Indonesia. Menurut Hasan, ini menjadi pertanyaan mengenai perannya dalam PDI Perjuangan. Apakah menjadi politisi di partai tersebut atau pemilik.

"PDI Perjuangan itu ada, jika Ketua Umum-nya Megawati. Kalau bukan Megawati, ya bukan PDI Perjuangan dan ini sudah sangat identik," terangnya.

Megawati tidak pernah memiliki kendala dalam memenangkan posisi tertinggi PDI Perjuangan. Sebab tidak ada persaingan yang ketat. Hal ini berdampak terhadap politisinya. Karena tidak terlatih dalam melakukan lobi, voting, penguasaan sidang dan komunikasi politik lemah.

Hasan menegaskan, ini terbukti dengan kepemimpinan DPR dan MPR periode 2014-2019. Sebagai pemenang Pemilu 2014, PDI Perjuangan tidak menempati posisi penting. Bahkan dalam setiap kesempatan pengambilan keputusan dengan voting, mereka hampir selalu kalah.

"Ini bisa jadi dampak tidak ada persaingan dalam internal partai, sehingga skill politik politisi mereka tidak terlatih," tutupnya.***

sumber: Merdeka
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger