>
Headlines News :
Home » » Semua Penyelenggara Quick Count akan Diaudit

Semua Penyelenggara Quick Count akan Diaudit

Written By Unknown on Rabu, 09 Juli 2014 | 23.45.00

Ilustrasi
Jakarta, Jurnalsulteng.com- Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi) akan melakukan audit terhadap lembaga riset anggotanya yang melakukan quick count Pilpres 2014. Audit antara lain dilakukan terhadap Lembaga Survei Indonesia, Indikator, Saiful Mujani Research & Consulting, Cyrus Network, Populi Center, Jaringan Suara Indonesia (JSI), dan Puskaptis.

Demikian disampaikan Anggota Dewan Etik Persepi Adrinof Chaniago kepada wartawan di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (9/7/2014).

"Semua lembaga penelitian tersebut telah menandatangani pakta integritas Persepi," kata Adrinof

Menurut Adrinof, audit itu dilakukan untuk mengklarifikasi apakah metodologi yang digunakan lembaga survei tersebut dalam quick count sudah sesuai dengan keilmuan dan tidak melanggar kode etik. Hasil klarifikasi itu akan diumumkan kepada publik.

"Kami hanya ingin mengklarifikasi dan memastikan bahwa proses keilmuannya berjalan secara benar. Supaya masyarakat dapat kejelasan karena ada dua hasil yang berbeda," kata Adrinof.

Adrinof menduga ada manipulasi sample data atau metodologi yang dilakukan Puskaptis sehingga ada dua hasil yang berbeda dalam quick count Pemilihan Presiden 2014.

"Makanya kita harus audit, di mana persoalannya, kenapa hasilnya bisa berbeda, toh datanya semua dari proses pemilu yang sama," kata Adrinof

Jika puskaptis tidak mau memberikan datanya kepada Persepi untuk diaudit maka Puskaptis harus bersedia keluar dari Pesepi dan mengumumkannya ke publik.

"Jadi nanti kalau Puskaptis mau diaudit hasilnya kita umumkan dan kita beri masukan. Kalau ga mau ya dia harus keluar dan kita umumkan juga,"demikian Adrinof.[Rmol]
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger