>
Headlines News :
Home » » Lima Daerah di NTT Dilanda Bencana

Lima Daerah di NTT Dilanda Bencana

Written By Unknown on Rabu, 22 Januari 2014 | 13.34.00

Kupang, Jurnalsulteng.com - Sejumlah daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dilanda berbagai jenis bencana alam akibat cuaca ekstrem yang terjadi selama sepekan terakhir.

Berdasarkan data Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT, setidaknya lima kabupaten dan kota yang telah memberikan laporan tentang bencana yang menimpa daerahnya.

“Dua kabupaten telah memberikan laporan secara tertulis, sedangkan tiga lainnya baru berupa laporan lisan,” kata Kepala BPBD NTT Tini Thadeus, Rabu, (22/1/2014).

Dua daerah yang memberikan laporan secara tertulis adalah Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Lembata. Sedangkan Kabupaten Alor, Kota Kupang, dan Kabupaten Kupang baru melaporkan secara lisan. "Bantuan darurat sudah didistribusikan untuk korban di Sumba Timur dan Lembata," ujar Tini Thadeus.

Di Sumba Timur terjadi angin puting beliung. Selain merusak puluhan rumah warga, juga merusak sebuah gereja. Adapun di Kabupaten Lembata, selain angin puting beliung, juga gelombang tinggi dan angin kencang di perairan kabupaten itu. Dilaporkan sebuah kapal tenggelam, dua orang tewas.

Sementara itu, 40 rumah yang tersebar di sejumlah kelurahan di Kota Kupang rusak parah karena diterjang angin puting beliung. Rumah yang rusak terdapat di Kelurahan Sikumana, Kelurahan Belo, Fatukoa, Manulai II, Kolhua, Fatufeto, Bonipoi, Kelapa Lima, Pasir Panjang, dan Kelurahan Batuplat. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa angin puting beliung itu.

"Semua korban sudah kami beri bantuan terpal untuk mengganti atap rumah yang tersapu puting beliung," ucap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Kupang Davidzon Puas.

Menurut Davidzon, bantuan terpal baru berupa bantuan darurat dan bersifat sementara, karena BPBD Kota Kupang masih terus melakukan pendataan jumlah korban dan kerugian yang dialami warga.***


sumber:tempo.co
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger