>
Headlines News :
Home » » Hacker China akan Luncurkan Aksi Besar-besaran ke Indonesia?

Hacker China akan Luncurkan Aksi Besar-besaran ke Indonesia?

Written By Unknown on Selasa, 14 April 2015 | 18.01.00

Ilustrasi [Merdeka]


Jurnalsulteng.com- Sebuah laporan terbaru dari sebuah perusahaan keamanan FireEye berhasil mengungkapkan jika hacker China bakal melakukan aksi spionase terhadap perusahaan-perusahaan bonafit di Tanah Air.

Dilansir TechCrunch (13/4), tak hanya di Indonesia saja, para hacker China yang terkenal dengan kapabilitasnya melakukan cybercrime secara masif dan sistematis ini juga disebut bakal meretas perusahaan di kawasan Asia. Dilaporkan jika perusahaan di negara-negara seperti Singapura, India, Malaysia, Vietnam, Thailand, Nepal, dan Filipina menjadi sasaran dalam serangan ini.

"Sampai saat ini masih belum ada bukti pasti yang menunjukkan jika ini adalah operasi pemerintah China, tapi semua tanda mengarah ke China. Ada pembangunan properti intelektual besar di Asia, itulah medan pertempuran baru." ujar CEO FireEye, Bryce Boland kepada TechCrunch (13/4/2015).

Meski masih belum berani mengatakan jika hacker ini berada di bawah komando pemerintahan China langsung, namun FireEye telah berhasil mengumpulkan keterlibatan negara tirai bambu yang mencakup petunjuk operasi yang ditulis dalam bahasa China, code base yang dikembangkan oleh pengembang China, dan domain terkait yang dicurigai didaftarkan untuk keperluan operasi spionase ini.

FireEye menyebutkan jika target hacker China adalah informasi strategis yang menguntung bagi banda intelejen China seperti isu-isu politik, ekonomi, dan militer di kawasan Asia Tenggara.

Dilansir Ubergizmo, Selasa (14/4/2015), isu terkait rencana peretasan besar-besaran oleh hacker China sendiri bukan yang pertama kali muncul di beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, Huawei yang jadi perusahaan smartphone asal China dituduh telah melakukan aksi mata-matai Amerika Serikat lewat smartphone yang mereka jual di negara tersebut.***


Sumber: Merdeka
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger