>
Headlines News :
Home » , , » "Beringin Rindang" Jadi Rebutan Kandidat di Pilkada Donggala

"Beringin Rindang" Jadi Rebutan Kandidat di Pilkada Donggala

Written By Unknown on Selasa, 07 Mei 2013 | 12.53.00


Jurnal Palu- Pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Donggala periode  2013-2018,  sisa lima bulan lagi, perburuan ‘tiket’ bakal calon makin genjar. Sejumlah kandidat  Bupati yang telah mendeklarasikan diri saling klaim  telah mendapat dukungan dari partai-partai besar utamanya partai yang memiliki kursi di DPRD Donggala.

Namun ada yang menarik dan bahkan  saat ini tengah menjadi polemik yang tak berujung,  wacana saling klaim  diantara para kandidat siapa yang akan mengendarai gerbong Partai pohon beringin rindang (Golkar).
Menurut Rudyanto salah seorang aktivis mahasiswa, kenapa perahu partai Golkar, menjadi rebutan dikalangan kadidat, karena ada sebuah pemahanan, siapapun yang menggunakannya akan menjadi jawara dalam sebuah kompetisi politik. “ padahal semua  itu tidak ada jaminan,  terbukti dibeberapa kabupaten, kandidat yang diusung partai Golkar juga kalah,”tuturnya.

Tiket partai Golkar ini,  konon diperebutkan oleh empat  bakal calon Bupati yakni, dokter Anita B Nurdin yang saat ini menjabat sebagai Kadis Kesehatan Donggala, Akris Fattah Yunus Kadis Pekerjaan Umum Donggala,  Ali Lasamaulu Wakil Bupati Donggala, serta mantan Sekkab Donggala Kasmudin. Beredar khabar, dokter Anita yang diusung partai Demokrat  akan juga  diusung Partai Golkar. 

Endingnya,  kita tinggal menunggu rekomendasi DPP Golkar, karena menurut orang dekat dokter Anita, berdasarkan hasil pertemuan internal partai Golkar yang kala itu di pimpin  Sekjen Partai Golkar Idrus Marham dan Nurdin Halid  selaku Koordinator  Golkar wilayah  Sulawesi,  nama Anita yang direkomendasikan. “ Kami yakin, rekomendasi Golkar dokter Anita,” tandasnya.

Namun, bagi kubu Akris Fattah, justru mereka yang  akan diusung, karena  selain telah membangun komitmen dan deal-deal politik  dengan DPD Golkar Sulteng dan DPD Golkar Donggala,  serta dukungan dari 11 pimpinan anak cabang (PAC),  konon khabarnya  Akris juga   telah mendapat restu dari  Ketua DPD  Golkar Donggala yang nota bene Bupati Donggala saat ini.  “ Jujur kami juga tidak diam, selama ini komunikasi politik dengan petinggi-petinggi Golkar terus  kami lakukan,” kata salah satu tim sukses Akris. 

Lain halnya, dengan Aly Lasamaulu, beberapa orang dekatnya menyebutkan Ali yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati telah mendapat restu dari Lasoso. Dari empat  kandidat yang mengemuka ini, rata-rata memiliki kavabiliatas dan semuanya menghendaki diusung  oleh partai Golkar. Tinggal siapa yang akan mendapat restu dari ARB. 

Perebutan kursi 01 Donggala bukan hanya merupakan, kompetisi antara para kandidat, tetapi  Pilkada  Donggala  bisa menjadi investasi politik bagi partai-partai  dalam  Pemilu 2014 mendatang. Makanya, partai sangat selektif dalam menentukan calon yang akan diusung.  “ Popularitas kandidat tidak mutlak akan menang, tetapi harus ditunjang oleh integritas, kemampuan financial, serta mesin partai dalam  meyakinkan konstituen,”tandas Rudyanto.***

Agus Manggona
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger