>
Headlines News :
Home » , » Kebutuhan Air di KEK Palu akan Disuplai dari Sungai Wombo

Kebutuhan Air di KEK Palu akan Disuplai dari Sungai Wombo

Written By Unknown on Sabtu, 30 April 2016 | 22.25.00

Ilustrasi

Palu,  Jurnalsulteng.com- Sungai Wombo di Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, memiliki potensi air hingga mencapai 1,1 juta meter kubik untuk mengairi kebutuhan air di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu.

"Kementerian PU sudah merencanakan sungai itu untuk memenuhi kebutuhan air di KEK nanti," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah Saliman Simanjuntak di Palu, Sabtu (30/4/2016).

Dia mengatakan untuk pemenuhan kebutuhan air di KEK langsung ditangani oleh APBN sehingga Dinas Sumber Daya Air Sulawesi Tengah sebatas koordinasi dan memberikan masukan atas rencana tersebut.

"Selain untuk kebutuhan industri juga bisa dijadikan pembangkit listrik dalam sekala kecil delapan hingga 10 megawatt," katanya.

Saliman mengatakan kemungkinan tahun 2016, Kementerian PU akan melakukan studi kelayakan atas potensi sungai Wombo tersebut.

Untuk memfungsikan Sungai Wombo tersebut kata Saliman, kemungkinan akan dibangun waduk sebagai penampung sehingga potensi airnya mencapai dua meter kubik per detik.

Menurut Saliman, pemerintah Hungaria juga tengah menjajaki peluang investasi pengelolaan air baku di KEK.

Saliman mengatakan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, telah bertemu dengan Duta Besar Hungaria Judit Nemeth-Pach di Jakarta 25 April 2016 guna membicarakan rencana investasi oleh negara yang telah berpengalaman 150 tahun mengelola air baku di negara itu.

Menurut Saliman, Hungaria menawarkan peluang pinjaman lunak dengan bunga rendah kepada pemerintah Sulawesi Tengah jika berminat menggunakan dana pinjaman luar negeri.

Dalam pertemuan Gubernur Longki Djanggola bersama Judit Nemeth tersebut terungkap bahwa Hungaria akan menginvestasikan dananya ke Indonesia sebesar 220 juta dolar AS dengan berbagai sektor salah satunya di sektor pengelolaan air baku.

Selain itu pemerintah Hungaria juga memberikan 50 beasiswa kepada mahasiswa Indonesia yang ingin belajar di berbagai bidang seperti teknologi dan lingkungan.(***)

Source; Antara
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger