>
Headlines News :
Home » , » Selasa Pagi, Rupiah Masih Melemah

Selasa Pagi, Rupiah Masih Melemah

Written By Unknown on Selasa, 20 Agustus 2013 | 11.46.00

Jakarta, Jurnalsulteng.com - Mata uang rupiah pada Selasa pagi masih melemah ke posisi Rp10.485 per dolar AS merespon sentimen di dalam negeri dan eksternal yang cenderung negatif.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi melemah 105 poin menjadi Rp10.485 dibanding sebelumnya di posisi Rp10.380 per dolar AS.

"Pasar rupiah merespon negatif data neraca pembayaran Indonesia," kata ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih di Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Ia menambahkan pasar keuangan Asia pada Selasa ini tampaknya juga masih akan terkoreksi, nilai tukar rupiah dalam jangka pendek akan memasuki kisaran yang sangat rawan.

"Jika Bank Indonesia menjaga dengan cukup signifikan maka rupiah bisa kembali ke kisaran Rp10.480-Rp10.490 per dolar AS. Tetapi jika tekanan eksternal juga berlanjut tampaknya rupiah akan cenderung bergerak di kisaran antara Rp10.550-Rp10.600 per dolar AS," kata dia.

Ia juga mengatakan ekonomi utama Asia seperti China, India dan Indonesia dalam empat tahun terakhir memiliki kinerja yang cenderung melemah.

Menurut dia, perlambatan ekonomi China membawa dampak negatif terhadap perekonomian Asia yang mempunyai hubungan dagang kuat dengan negara tirai bambu itu. Perlambatan ekonomi itu membuat investor mengalihkan investasinya dari negara berkembang ke pasar keuangan AS.

Analis pasar uang dari Bank Mandiri, Reny Eka Putri menambahkan beberapa data ekonomi AS cenderung membaik seperti pertumbuhan tenaga kerja dan manufakturnya sehingga membuat spekulasi pelaku pasar bahwa the Fed akan mengurangi stimulus keuangannya.

Menurut dia, kombinasi berbagai faktor selama sepekan terakhir juga belum menunjukan sentimen positif yang kuat di pasar uang di kawasan Asia maupun Eropa.

"Secara umum, sentimen keuangan di pasar Asia dan Eropa bergejolak sehingga dolar AS mendapatkan apresiasi di pasar global," katanya.(ant)
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger