>
Headlines News :
Home » , » BNI Bangun Aliansi dengan Kelompok Usaha Yamaguchi Financial

BNI Bangun Aliansi dengan Kelompok Usaha Yamaguchi Financial

Written By Unknown on Senin, 18 Maret 2013 | 11.22.00

Jurnal Jakarta- Bank Negara Indonesia kembali menjalin kerja sama dengan salah satu financial group terkemuka di Jepang, Yamaguchi Financial Group.

Corporate Secretary BNI Tribuana Tunggadewi mengungkapkan, saat ini, BNI merupakan bank yang memiliki mitra bank Jepang terbanyak dibandingkan bank-bank nasional lainnya. Kerja sama yang agresif dengan bank-bank regional Jepang (JRB) ini digiatkan demi memanfaatkan momentum derasnya arus investasi perusahaan Jepang ke Indonesia akhir-akhir ini.

"Untuk memfasilitasi nasabah-nasabah dari regional bank yang berminat berinvestasi di Indonesia, BNI telah membentuk Japan Desk sejak tahun 2012 lalu," ujarnya seperti dilansir merdeka.com, Senin (18/3).

Dengan kerjasama ini, BNI tercatat telah bermitra dengan 48 bank yang meliputi 47 Bank regional dan 1 Shinkin Bank atau bank koperasi. Setiap bank memiliki basis nasabah yang siap berinvestasi di Indonesia.

Yamaguchi Financial Group Inc (YMFG) merupakan holding company yang bergerak di bidang jasa keuangan dan jasa perbankan.

Kelompok usaha ini memiliki beberapa bank, antara lain Yamaguchi Bank (berdiri sejak November 1878), Momiji Bank (berdiri sejak November 1923), dan Kitakyushu Bank (berdiri sejak Oktober 2010).

Bisnis utamanya bergerak dibidang keuangan yang mencakup pembiayaan atau leasing, penerbitan kartu kredit, dan menjadi perusahaan sekuritas. Selain itu, Yamaguchi juga memiliki perusahaan konsultasi (YM Consulting Corp) dan lembaga riset bernama Kitakyushu Economics Institute.

Kelompok usaha yang berkantor pusat di Yamaguchi Prefecture ini memiliki total asset (konsolidasi) sekitar USD 111 miliar. Pendapatan bersih mereka mencapai sekitar USD 218 juta (data keuangan per 2012).

Sementara itu, dengan dibukanya kantor cabang BNI di Osaka, Jepang, hubungan dengan bank regional serta nasabah di bagian barat Jepang semakin kuat, karena transaksi keuangan yang menopang bisnis di kawasan itu semakin mudah dilakukan. Ini penting artinya bagi Indonesia, karena kawasan barat Jepang merupakan basis dari perusahaan-perusahaan besar yang memiliki akar kuat di Indonesia.***

Sumber:merdeka.com
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger