>
Headlines News :
Home » , » Pemadaman Listrik di Palu Makin Parah

Pemadaman Listrik di Palu Makin Parah

Written By Unknown on Minggu, 19 Oktober 2014 | 22.20.00

Ilustrasi
Palu, Jurnalsulteng.com- Pemadaman listrik bergilir di Kota Palu, Sulawesi Tengah, kian parah karena terjadi hingga tiga kali dalam satu hari menyusul adanya dalih perawatan PLTU setempat.

Pada Sabtu, pemadaman di Kecamatan Tatanga terjadi dua kali pada siang hari dan sekali pada malam hari dengan selisih beberapa jam. Setiap pemadaman berlangsung dua-tiga jam.

Kondisi tersebut banyak dikeluhkan masyarakat karena aktivitasnya yang mengandalkan energi listrik terganggu.

Gulsam, seorang warga, mengatakan pemadaman listrik membuat pasokan air berkurang karena mesin milik perusahaan air setempat juga mengandalkan energi listrik.

"Kita sekarang selalu isi penuh bak mandi agar tidak kekurangan air untuk antisipasi saat mati listrik," katanya.

(Baca Juga: Pemadaman Listrik di Palu Masih Sepekan Lagi )

Sejumlah pedagang juga mengeluhkan pemadaman listrik yang berlangsung sejak beberapa hari terakhir karena kinerja lemari pendingin makanan dan minuman terganggu.

Sebelumnya, Pemimpin PLN Cabang Palu Novalince Pamuso mengatakan salah satu mesin PLTU Mpanau mengalami kerusakan sehingga sistem kelistrikan di Kota Palu dan sebagian daerah tetangga terganggu.

PLTU Mpanau adalah penyuplai daya listrik terbesar di Ibu Kota Sulawesi Tengah dengan daya 2 x 13,5 MW.

PLTU Mpanau yang dikelola PT Pusaka Jaya Palu Power mengalami kerusakan pada mesin "boiler" sehingga suplai listrik terganggu.

"Akibatnya kita kehilangan daya yang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan listrik yang mencapai 50 - 60 MW pada saat beban puncak pukul 18.00-22.00," katanya yang dikutip dari Antara.

PLN Cabang Palu sendiri melayani hampir 300 ribu pelanggan di Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan sebagian di Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong.

Novalince berharap perbaikan mesin boiler itu bisa selesai secepatnya agar pelayanan ke masyarakat tidak terganggu lagi.

Dia juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat terkait pemadaman listrik bergilir yang terjadi hingga enam jam tersebut.[Ant] 



Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger