>
Headlines News :
Home » , » 2015, Jalan bypass Palu-Parigi Dikerjakan

2015, Jalan bypass Palu-Parigi Dikerjakan

Written By Unknown on Kamis, 24 Juli 2014 | 21.03.00

Jalur Kebun Kopi yang selama ini menjadi satu-satunya akses Palu-Parigi 
akan segera teratasi dengan adanya bypass Palu-Parigi. [Dok]
Palu, Jurnalsulteng.com- Setelah sekian tahun diperjuangkan menggolkan keinginan pemerintah provinsi agar jalan bypass Palu-Parigi bisa dianggarkan pemerintah pusat, dipastikan awal 2015 mendatang akan muali dikerjakan.

Hal ini disampaikan Kepala Bappeda sulteng, Prof DR Rer. Patta Tope, SE saat memberikan materi di kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) fasilitas dan sinkronisasi penyiapan program utama dan pengembangan KSN Kapet Palapas, di Hotel Mercure beberapa waktu lalu.

Menurutnya, gerak cepat pemerintah pusat terus dilakukan. Dan hal itu menjadi tanggung jawab teknis Dinas bina Marga Sulteng. Dengan panjang jalan 48,7 km.

"Kami bersama Kadis Bina Marga, Syaifullah Djafar meyakinkan di kementrian PU agar sesegera mungkin dianggarkan pembiayaan jalan bypass palu-parigi," jelasnya. Dan sepengetahuan kami selaku kepala Bappeda, kadis bina marga telah selesai membuat dokument fisibility study, detailed engineering desig (DED) dan Amdal-pun telah dilaksanakan pihak dinas tehnis atas permintaan jenderal Bina Marga. Dan diperkirakan akan menghabiskan anggaran sekira Rp 2,2 Triliun atau 50 miliar perkilometer.

Perlu diketahui, jalur Palu-parigi akan dimulai dari wilayah Biromaru, kabupaten Sigi dan akan berakhir di Desa Dolago, kabupaten Parigi Moutong. Yang awalnya dibuka di bagian Mamboro ke Parigi Mpu. Tetapi jalur tersebut sangat riskan karena melewati taman hutan raya (Tahura). [Yus]
Share this article :

1 komentar:

Unknown mengatakan...

APBN melalui Kementerian PU tidak bisa membiayai kegiatan ini karena akan melanggar UU. Kecuali 2 hal. Pertama, status jalan harus menjadi jalan nasional, kedua ada direktif presiden untuk membiayai jalan tersebut karena sesuatu hal yang sangat luar biasa.

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger