>
Headlines News :
Home » , » Ketersediaan Pangan di Sulteng Terjamin

Ketersediaan Pangan di Sulteng Terjamin

Written By Unknown on Senin, 17 Februari 2014 | 11.04.00


Palu, Jurnalsulteng.com - Pemprov Sulteng menjamin keamanan pangannya sehingga tidak masyarakat perlu khawatir.

Kepala Badan Ketahanan Pangan setempat Abdullah Kawulusan di Palu, Sabtu (15'2'2014), mengatakan stok pangan khususnya beras yang masih dikuasai pemerintah saat ini, termasuk Bulog dijamin mencukupi kebutuhan.

Bulog Sulteng masih memiliki stok beras di gudang sebanyak 25 ribu ton, cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga tujuh bulan ke depan.

Selain beras sebagai makanan pokok masyarakat, Sulteng juga memiliki keanekaragaman makanan alternatif nonberas seperti jagung, sagu, umbi-umbian dan pisang.

Meski pada musim panen 2012 produksi padi Sulteng mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya, tetapi tidak berpengaruh terhadap ketahanan pangan.

Data Dinas Pertanian Sulteng menyebutkan produksi padi Sulteng pada 2013 sebanyak 1,3 juta ton dan musim panen (MP) 2014 ini diharapkan bisa meningkat lagi.

Menyangkut harga beras di pasaran, Abdullah mengatakan cukup stabil karena ada keseimbangan antara stok dengan permintaan.

Selama ini distribusi beras ke pasar-pasar tradisional di tingkat provinsi sampai kabupaten dan kecamatan di seluruh  wilayah Sulteng berjalan lancar.

Meski di beberapa daerah di Sulteng sepanjang Desember 2013 dan Januari 2014 terjadi bencana alam banjir dan tanah longsor, namun suplai beras dan kebutuhan masyarakat lainnya dari sentra-sentra produksi berjalan lancar.

Pantauan di tiga pasar tradisional di Kota Palu, harga beras kualitas medium seperti IR-20 dan C-4 berkisar Rp7.500,00 per kilogram.

Beras kualitas terbaik (beras premium) berkisar Rp9.000,00 sampai Rp10.000,00 per kilogram.

Kepala Perum Bulog Sulteng Mar'uf membenarkan masih punya stok beras di gudang untuk kebutuhan hingga tujuh bulan mendatang.

Stok beras yang dikuasai Bulog merupakan hasil pengadaan musim panen 2013. Bulog selain menyalurkan beras kepada warga miskin, juga korban bencana alam dan mendukung kegiatan operasi stabilisasi pasar jika terjadi gejolak harga beras di pasaran. ***




sumber:antarasulteng.com
Share this article :

0 komentar:

Jurnalsulteng.com on Facebook

 
Developed by : Darmanto.com
Copyright © 2016. JURNAL SULTENG - Tristar Mediatama - All Rights Reserved
Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger